Cara mudah hilangkan kutil tanpa operasi

Rabu, 03 Februari 2016 | 11:56 WIB Sumber: TribunNews.com
Cara mudah hilangkan kutil tanpa operasi

JAKARTA. Kutil merupakan salah satu gangguan kulit.Banyak orang yang menganggap remeh penyakit yang satu ini.Dikutip doktersehat.com, gangguan kulit ini sebaiknya jangan dianggap remeh karena bisa menyebar dan menyebabkan kulit menjadi rusak.

Oleh karena itu ketika muncul kutil harus segera diobati agar hilang. Karena kutil adalah sejenis tumor jinak yang menyerang kulit. Kutil disebabkan oleh virus yang biasa disebut HPV (human papilloma virus) dan menyerang lapisan kulit.

Infeksi oleh virus ini bertahap dari mulai tingkat satu sampai tingkat yang paling parah.Virus ini juga bisa menyebar kebagian kulit lainnya jika dibiarkan terlalu lama, juga bisa menular pada orang lain.

Para ahli menyarankan bahwa cara menghilangkan kutil adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kulit dan melakukan operasi untuk menghilangkannya. Meski begitu, obat kulit sebenarnya tidak hanya dengan cara operasi saja tapi juga bisa menggunakan bahan alami. Seperti yang sudah banyak dikenal para orang tua kita, bahan alami untuk menyembuhkan kutil itu diantaranya:

1.Kulit pisang

Kulit pisang biasanya dibuang begitu saja. Banyak orang yang beranggapan kulit pisang tidak mempunyai manfaat sama sekali. Padahal kulit pisang mengandung vitamin yang sangat bagus untuk tubuh.

Sebenarnya kulit pisang bisa diolah menjadi makanan yang enak dan lezat.Tetapi pada kesempatan kali ini kita tidak bahas mengenai makanan. Melainkan cara menghilangkan kutil secara alami dengan menggunakan kulit pisang.

Caranya sangatlah mudah, Anda cukup mengoleskan kulit pisang bagian dalam pada kutil setiap harinya. Lakukan secara rutin, setelah beberapa hari kutil akan menghilang tanpa bekas.

2. Kapur Sirih

Kapur sirih bersifat panas sehingga dapat mengangkat sel mati pada penyakit kutil. Anda bisa menggunakan kapur sirih yang dicampur dengan detergen bubuk. Selain itu kandungan yang terdapat pada kapur sirih akan menghilangkan akar kutil supaya tidak tumbuh lagi.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda tinggal mencampurkan detergen dan kapur sirih dengan takaran yang sama. Aduk sampai rata dengan ditambahkan sedikit air. Oleskan campuran kedua bahan tersebut pada bagian kulit yang terdapat kutil. Biarkan sebentar supaya kering, kemudian bersihkan sampai bersih.

2. Bawang merah

Bawang merah sangat efektif menghilangkan kutil sampai ke akarnya sehingga tidak membuat kutil menjadi tumbuh lagi. Anda bisa menggunakan irisan bawang merah yang direndam dengan menggunakan larutan beberapa menit. Letakkan irisan bawang merah ke bagian kutil sampai merata.

Lalu tutup dengan menggunakan kapas dan plester.Biarkan beberapa jam. Ganti irisan bawang merah tersebut minimal 2 kali dalam sehari. Beberapa hari kutil akan menghilang. Semoga lekas sembuh.

Editor: Fransiska Firlana
Terbaru