Kecantikan & Kebugaran

4 Cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan bahan alami

Kamis, 29 Oktober 2020 | 10:56 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan bahan alami

ILUSTRASI. Cara menghilangkan noda hitam di wajah bisa menggunakan lemon. Foto Dok Wikipedia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi sebagian orang, kemunculan noda hitam bisa merusak penampilan. Cara menghilangkan noda hitam di wajah pun perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah itu. Ada banyak hal yang bisa Anda coba, salah satunya adalah dengan memakai bahan-bahan alami.

Mengutip dari Bellatory (bellatory.com), ada beberapa hal yang menyebabkan noda hitam muncul di wajah. Penyebab pertama adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar UVA dan UVB berlebih akan merusak kolagen sehingga kulit memproduksi banyak melanin.

Melanin itulah yang membuat timbulnya noda hitam. Efek sinar matahari memang tidak langsung terasa, tapi akan muncul secara perlahan seiring bertambahnya usia. Selain itu, noda hitam juga bisa timbul akibat melasma. Biasanya, melasma lebih sering dialami wanita, apalagi selama kehamilan.

Selain karena efek sinar matahari, noda hitam juga bisa disebabkan karena adanya bekas jerawat. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengatasi jerawat dengan benar agar tak menimbulkan bekas. Jika Anda memiliki noda hitam yang ingin dihilangkan, Anda bisa memakai bahan alami berikut ini.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan flek hitam secara alami

Lemon

Cara menghilangkan noda hitam di wajah bisa dilakukan dengan lemon. Zat asam dalam buah ini berperan sebagai pencerah alami. Caranya, aplikasikan air lemon dua kali sehari pada noda hitam menggunakan kapas.

Bellatory merekomendasikan agar Anda mencoba air lemon di bagian kulit lain terlebih dahulu. Tujuannya untuk melihat apakah kulit Anda sensitif terhadap air lemon atau tidak. Jika kulit Anda sensitif, Anda bisa mencampurkan air lemon dengan air biasa terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada wajah.

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah.

Ada banyak nutrisi dalam lidah buaya yang berfungsi untuk mencerahkan noda hitam. Mulai dari antioksidan, vitamin C, vitamin E, dan vitamin A. Bahan alami ini cocok digunakan untuk mengatasi noda hitam yang timbul akibat paparan sinar matahari.

Cuka Apel

Cara menghilangkan noda hitam di wajah selanjutnya bisa Anda lakukan dengan cuka apel. Bahan alami ini mengandung banyak antioksidan dan mineral yang bisa mencerahkan kulit. Tak hanya itu, cuka apel juga mengandung alpha hydroxy acid yang mampu membersihkan sel kulit mati.

Baca Juga: 4 Cara memutihkan leher dengan bahan alami terbaik

Pertama, campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Anda bisa mengaplikasikan campuran tersebut pada seluruh wajah karena bisa berfungsi pula sebagai penyeimbang pH kulit.

Yogurt

Bellatory mengatakan bahwa yogurt bisa mencerahkan noda hitam karena mengandung asam laktat. Anda hanya perlu mengaplikasikan yogurt pada wajah seperti memakai masker. Setelah itu, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah

Editor: Belladina Biananda


Terbaru