Tips Sehat

4 Cara memutihkan leher dengan bahan alami terbaik

Kamis, 22 Oktober 2020 | 08:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara memutihkan leher dengan bahan alami terbaik

ILUSTRASI. Cara memutihkan leher bisa dilakukan dengan bahan alami. Model : Handayani Reporter : Dini TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain wajah, leher juga perlu dirawat agar tetap terlihat putih dan bersih. Ada banyak hal yang menyebabkan leher seseorang hitam, mulai dari paparan sinar matahari, polusi, atau kondisi kesehatan tertentu. Cara memutihkan leher berikut ini patut dicoba untuk mengatasi masalah itu.

Gel Lidah Buaya

Bahan alami pertama yang bisa Anda coba untuk menghilangkan kulit leher yang hitam adalah gel lidah buaya. Salah satu jenis flavonoid yang ada dalam lidah buaya mampu mencegah pertumbuhan enzim penyebab pigmentasi kulit.

Tak hanya itu, Stylecraze (stylecraze.com) mengatakan bahwa lidah buaya juga mengandung asam lemak, vitamin, dan mineral yang mampu menghidrasi kulit dengan baik. Caranya pun cukup mudah. Pertama, gosokkan lidah buaya ke leher lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

Cuka Apel

Leher yang menghitam bisa disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang jarang dibersihkan. Hal itu bisa Anda atasi dengan memakai cuka apel. Bahan alami ini mengandung asam malat yang mampu mengangkat sel kulit mati.

Baca Juga: Mudah dan efektif, inilah 4 cara memutihkan wajah pria

Selain itu, cuka apel juga mampu menyeimbangkan pH kulit sehingga membuat kulit nampak lebih cerah. Cara yang perlu Anda lakukan, campurkan cuka apel dengan air lalu gunakan kapan untuk mengaplikasikannya pada leher.

Diamkan dulu selama 10 menit lalu bilas dengan air. Cara memutihkan leher dengan bahan alami ini bisa Anda lakukan tiap dua hari sekali. Setelah memakai cuka apel, usahakan untuk menggunakan pelembab karena cuka apel bisa membuat kulit dehidrasi.

Minyak Zaitun dan Air Lemon

Stylecraze merekomendasikan minyak zaitun dan air lemon sebagai bahan alami selanjutnya untuk menghilangkan kulit leher yang hitam. Lemon mampu membersihkan pori-pori kulit sehingga kulit nampak lebih cerah. Sedangkan minyak zaitun bermanfaat untuk melembabkan kulit agar lebih lembut.

Pertama, campurkan minyak zaitun dan air lemon dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, aplikasikan pada leher sebelum tidur. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan campuran bahan alami itu setiap hari selama sebulan.

Baca Juga: 4 Cara memutihkan wajah dengan bahan alami

Kentang

Cara memutihkan leher bisa menggunakan kentang.

Cara memutihkan leher juga bisa dilakukan dengan memakai kentang, lo. Kentang mengandung bahan pemutih alami yang bisa membuat kulit menjadi lebih cerah. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah sebuah kentang kecil.

Parut kentang yang sudah disiapkan lalu peras untuk diambil ekstraknya. Gunakan ekstrak kentang pada leher selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda menggunakan bahan alami ini sekali hingga dua kali dalam sehari.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan flek hitam secara alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru