Kecantikan & Kebugaran

4 Cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan bahan alami

Senin, 23 November 2020 | 08:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan bahan alami

ILUSTRASI. Alpukat adalah salah satu bahan alami sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kerutan di bawah mata akan muncul seiring bertambahnya usia. Kemunculan tanda penuaan itu bisa diperparah dengan kebiasaan makan dan pola hidup yang buruk. Namun, Anda tak perlu khawatir karena cara menghilangkan kerutan di bawah mata bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Kopi dan Cokelat

Kopi dan cokelat merupakan dua bahan alami yang mengandung antioksidan. Artinya, radikal bebas yang menyebabkan kerutan dan tanda penuaan lainnya bisa diatasi dengan bahan alami tersebut. Anda bisa membuat masker yang terbuat dari bubuk kopi, bubuk cokelat, dan madu.

Campurkan bahan-bahan tersebut dengan porsi yang sama lalu aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan masker tersebut pada area di bawah mata selama 15 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa menggunakan masker tersebut setiap hari.

Minyak Kelapa dan Kunyit

Mengutip dari Firstcry.com (parenting.firstcry.com), minyakkelapa mengandung banyak vitamin E yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan tersebut mampu menghidrasi kulit wajah dengan baik sehingga kerutan bisa hilang.

Baca Juga: Manfaat es batu untuk wajah berikut patut Anda coba

Pertama, campurkan 1 sdm minyak kelapa dengan bubuk kunyit secukupnya. Setelah teraduk rata, gunakan masker pada wajah selama 20 menit lalu bersihkan dengan air. Gunakan masker tersebut sekalidalam sehari.

Lidah Buaya

Salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan menggunakan gel lidah buaya.

Sama seperti minyak kelapa, lidah buaya juga mengandung vitamin E yang berguna untuk melembabkan kulit. Fungsi tersebut masih dimaksimalkan dengan adanya vitamin C dan beta karoten sehingga kerutan di wajah bisa hilang dan kulit terasa lebih lembut dan segar.

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata bisa Anda mulai dengan mencampurkan gel lidah buaya, jus timun, dan yogurt dengan perbandingan 2:4:1. Pijatkan masker pada wajah selama 10 menit lalu diamkan masker selama 20 menit. Selanjutnya, bilas sisa masker dengan air.

Baca Juga: 5 Manfaat lidah buaya untuk wajah, bisa obati jerawat

Alpukat

Selain bahan alami di atas, Firstcry.com juga menyebutkan alpukat untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Alpukat kaya akan vitamin E dan vitamin A yang berguna untuk melembabkan dan meningkatkan produksi kolagen. Artinya, kerutan bisa hilang dan kesehatan kulit bisa terjaga.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menumbuk sebuah alpukat hingga halus. Gunakan alpukat yang telah ditumbuk itu pada wajah dan area mata lalu biarkan selama 20 menit. Selanjutnya, bilas dengan air dingin. Anda bisa menggunakan masker alpukat sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya: Selain menghilangkan kerutan, ini manfaat lain cuka apel untuk wajah

Editor: Belladina Biananda


Terbaru