Kecantikan & Kebugaran

5 Manfaat lidah buaya untuk wajah, bisa obati jerawat

Jumat, 23 Oktober 2020 | 12:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat lidah buaya untuk wajah, bisa obati jerawat

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat lidah buaya untuk wajah yang bisa Anda dapat.


KONTAN.CO.ID - Selain bisa dikonsumsi langsung untuk memperlancar pencernaan dan meningkan sistem imun tubuh, lidah buaya juga bermanfaat untuk kulit. Manfaat lidah buaya untuk wajah disebabkan oleh banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Kandungan nutrisi dalam lidah buaya, misalnya, vitamin C atau antiinflamasi. Berikut manfaat lidah buaya untuk wajah:

Melembabkan kulit

Jika Anda mencari pelembab alami, lidah buaya adalah jawabannya. Dikutip dari Pharmeasy, lidah buaya tidak licin saat digunakan sehingga cocok untuk dipakai di wajah dan bagian kulit lainnya.

Lidah buaya juga bisa melembutkan kulit dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan bahan alami ini setelah bercukur. Efek kulit yang terkena pisau cukur akan mereda dengan lidah buaya.

Luka sembuh lebih cepat

Lidah buaya juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka, seperti luka sayat atau luka bakar. Lidah buaya mampu meningkatkan reproduksi sel hingga delapan kali lebih cepat, sehingga luka yang Anda alami bisa sembuh dalam waktu yang lebih singkat.

Baca Juga: Jus lidah buaya efektif mengobati penyakit diabetes melitus

Mengobati jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah mengobati jerawat.

Salah satu penyebab jerawat adalah infeksi bakteri. Hal itu bisa diatasi oleh lidah buaya. Pharmeasy menyebutkan, lidah buaya mengandung antimikroba yang berperan untuk mencegah perkembangbiakan bakteri.

Fungsi tersebut masih dimaksimalkan oleh kandungan antiseptik sehingga jerawat bisa berkurang tanpa menyebabkan gangguan lainnya pada kulit.

Tak hanya itu, lidah buaya juga mengandung polisakarida dan giberelin yang mampu mengurangi peradangan dan menstimulus pertumbuhan sel baru. Pori-pori akan mengecil dan minyak berlebih akan berkurang jika Anda menggunakan bahan alami ini secara rutin.

Baca Juga: 4 Masker lidah buaya beserta cara membuatnya

Menghilangkan bekas jerawat

Lidah buaya mampu meningkatkan pertumbuhan sel baru. Hal itu menyebabkan manfaat lidah buaya untuk wajah lainnya yang bisa Anda dapatkan, yaitu bekas jerawat bisa hilang.

Anda bisa menambahkan air lemon pada lidah buaya untuk kulit wajah yang lebih cerah.

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Manfaat lidah buaya untuk wajah lainnya adalah mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan. Sebab, kandungan vitamin C dan vitamin E yang terdapat dalam lidah buaya.

Dua kandungan itu mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kerutan berkurang dan elastisitas kulit meningkat.

Selanjutnya: ‚Äč8 Manfaat lidah buaya untuk wajah, obati jerawat dan memperlambat penuaan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru