Kesehatan Umum

4 Manfaat buah apel ini tidak boleh Anda abaikan

Rabu, 25 November 2020 | 09:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat buah apel ini tidak boleh Anda abaikan

ILUSTRASI. Manfaat buah apel bisa Anda dapat saat mengonsumsinya secara rutin. REUTERS/Eddie Keogh/File Photo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi apel. Mulai dari memakannya langsung atau mengolahnya dalam bentuk lain. Manfaat buah apel berikut ini berasal dari banyaknya kandungan antioksidan, serat, vitamin, dan nutrisi lainnya.

Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Risiko penyakit kardiovaskular bisa Anda hindari dengan mengonsumsi apel secara rutin, lo. Serat dalam buah apel berguna untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah yang memiliki hubungan erat dengan kesehatan jantung.

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), serat dalam apel berguna untuk mencegah penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah. Artinya, aliran darah bisa semakin lancar dan risiko penyakit jantung menurun.

Saat alirah darah dalam tubuh lancar, tekanan darah Anda juga lebih stabil. Tak hanya itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa makan apel secara rutin mampu menurunkan risiko stroke sebanyak 52%.

Baca Juga: Ini jus buah dan sayur yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain menjaga kesehatan jantung Anda, serat dalam buah apel juga berguna untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda. Soluble fiber mampu memperlambat pencernaan dan penyerapan glukos.

Artinya, Anda bisa kenyang lebih lama dan jumlah gula darah Anda lebih terkontrol. Sedangkan insoluble fiber berfungsi untuk menggerakkan makanan di sistem pencernaan sehingga Anda bisa buang air besar lebih lancar.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat buah apel lainnya yang disebutkan oleh Everyday Health adalah kemampuannya meningkatkan sistem imun tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya kandungan vitamin C dalam apel.

Menurut sebuah penelitian, vitamin C mampu meningkatkan sistem imun tubuh dengan memperkuat epithelial. Epithelial adalah sejenis jaringan yang melawan patogen stres oksidatif (polusi atau radiasi) yang menyebabkan penyakit.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat buah apel adalah dapat digunakan untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda sedang menurunkan berat badan, tak ada salahnya untuk memasukkan apel dalam menu makan sehat sehari-hari. Seperti yang telah dikatakan, apel berguna untuk memperlambat pencernaan dan penyerapan glukosa.

Baca Juga: 4 manfaat cuka apel ini perlu Anda ketahui

Bila Anda merasa kenyang lebih lama, kemungkinan Anda untuk mengonsumsi makanan lain yang menambah berat badan bisa bekurang. Seseorang yang mengonsumsi lebih banyak serat mengalami penurunan berat badan.

Sebuah penelitian menunjukkan bawah berat badan wanita obesitas turun sebanyak 1.22 kg setelah mengonsumsi tiga apel selama 12 minggu. Hal itu disebabkan karena dalam sebuah apel, hanya terdapat 95 kalori.

Selanjutnya: Cuka apel untuk wajah bisa memberikan 5 manfaat ini

Editor: Belladina Biananda


Terbaru