kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 manfaat cuka apel ini perlu Anda ketahui


Jumat, 16 Oktober 2020 / 10:11 WIB
4 manfaat cuka apel ini perlu Anda ketahui
ILUSTRASI. Salah satu manfaat cuka apel adalah bisa untuk mengobati diabetes.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat cuka apel yang bisa Anda dapatkan. Hal itu disebabkan karena adanya antimikroba dan antioksidan yang terkandung dalam cuka apel. Beberapa hal di bawah ini merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari menggunakan cuka apel secara rutin.

Mengobati Diabetes

Mengutip dari Healthline (healthline.com), cuka apel bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Cuka apel mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu tubuh menurunkan gula darah setelah makan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sensitivitas insulin meningkat sebanyak 19%-34% selama mengonsumsi makanan tinggi karbo. Sedangkan penelitian pada lima orang yang mengonsumsi 50 g roti putih (white bread) menunjukkan, gula darah berkurang sebanyak 31.4%.

Membunuh Bakteri

Salah satu kandungan yang ada dalam cuka apel adalah asam asetat. Kandungan itu berfungsi untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan berbagai macam bakteri.

Baca Juga: 4 pembersih wajah alami ini bisa Anda buat sendiri, lo

Anda bisa memanfaatkan cuka apel untuk disinfektan atau pembersih, mengobati jamur kuku dan infeksi telingan, serta menghambat bakteri E. coli yang berkembang biak di makanan.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat cuka apel bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Apakah Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Jika iya, maka Anda bisa mengonsumsi cuka apel. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cuka apel membuat perut terasa kenyang. Hasilnya, Anda menjadi tidak mengonsumsi kalori yang berlebihan.

Sebuah penelitian yang melibatkan 175 penderita obesitas memperlihatkan bahwa lemak perut berkurang setelah mereka mengonsumsi cuka apel. Mengonsumsi 12 mL cuka apel bisa menurunkan berat badan sebanyak 1.2 kg. Sedangkan 1.7 kg berat badan turun setelah mengonsumsi 30 mL cuka apel.

Baca Juga: Kotembe membandel? Segera hilangkan dengan obat herbal ini

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat cuka apel lainnya bisa Anda gunakan untuk mengatasi eksim dan kulit kering. Menggunakan bahan alami ini mampu menyeimbangkan pH kulit dan menguatkan pertahanan kulit Anda. Healthline mengatakan bahwa kandungan antibakteri berfungsi untuk mengatasi eksim.

Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan toner atau sabun cuci wajah agar bakteri penyebab masalah kulit Anda bisa hilang. Jangan gunakan cuka apel secara langsung di kulit karena akan memberikan efek terbakar. Konsultasikan pula pada dokter jika masalah kulit Anda sudah parah.

Selanjutnya: 3 Cara efektif menghilangkan bekas jerawat, bisa pakai bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×