Kecantikan & Kebugaran

3 Cara efektif menghilangkan bekas jerawat, bisa pakai bahan alami

Kamis, 17 September 2020 | 12:30 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara efektif menghilangkan bekas jerawat, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Cara menghilangkan bekas jerawat bisa dengan perawatan di rumah atau di klinik kecantikan serta menggunakan bahan alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda memiliki bekas jerawat yang sulit hilang? Jika jawabannya iya, maka cara menghilangkan bekas jerawat ini adalah solusinya. Anda bisa melakukan perawatan di rumah, menggunakan bahan alami, hingga mencoba perawatan di klinik kecantikan.

Perawatan di Rumah

Ada beberapa cara perawatan di rumah untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter kulit terlebih dahulu agar tak memperparah masalah yang Anda alami.

  • Asam Salisilat

Pertama, Anda bisa menggunakan asam salisilat untuk menghilangkan bekas jerawat. Bahan ini berfungsi untuk menghilangkan bengkak, kemerahan, dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Untuk pemilik kulit sensitif, lebih baik coba bahan ini di kulit belakang telinga sebelum menggunakannya untuk mengobati bekas jerawat.

  • Asam Laktat

Ada banyak krim dan losion kecantikan yang menggunakan asam laktat sebagai bahan dasar. Mengutip dari Skin Kraft, asam laktat berguna untuk memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

Dalam beberapa kasus, asam laktat bisa menyebabkan hyperpigmentation. Jadi, jangan lupa untuk mencobanya di kulit belakang telinga dulu, ya.

Baca Juga: Bagaimana mengatasi noda bekas jerawat, ini jawabannya

  • Retinoid

Dokter kulit merekomendasikan retinoid sebagai cara menghilangkan bekas jerawat, apalagi bekas jerawat yang baru saja terbentuk. Menggunakan retinoid membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi jangan lupa memakai sunscreen sebelum berkegiatan di luar ruangan.

Bahan Alami

Selain melakukan perawatan di rumah menggunakan bahan-bahan di atas, bahan alami juga dinilai efektif menghilangkan bekas jerawat. Beberapa di antaranya adalah minyak kelapa, aloe vera, dan cuka apel.

  • Minyak Kelapa

Skin Kraft mengatakan, minyak kelapa bisa melembabkan kulit sekaligus menghilangkan bekas jerawat. Namun, pemilik kulit berminyak sebaiknya tidak memakai minyak kelapa secara langsung karena bisa membuat pori-pori semakin tersumbat.

Baca Juga: Ini cara menghilangkan bekas jerawat membandel menurut ahli dermatologi

  • Aloe Vera

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa Anda lakukan dengan memakai aloe vera. Aloe vera membantu kulit memproduksi melanin sehingga pigmentasi bisa berkurang.

  • Cuka Apel

Bahan alami lain yang direkomendasikan Skin Kraft untuk menghilangkan bekas jerawat adalah cuka apel. Zat asam yang terkandung di dalamnya bisa mengangkat lapisan kkulit paling atas. Hasilnya, bekas jerawat menjadi lebih cepat hilang.

Baca Juga: 3 obat penghilang bekas jerawat ampuh yang bisa Anda buat di rumah

Perawatan di Klinik Kecantikan

Selain mencoba cara-cara di atas, bekas jerawat juga bisa dihilangkan dengan perawatan di klinik kecantikan. Berdasarkan jenis kulit dan tingkat keparahan bekas jerawat, ada beberapa bentuk perawatan yang bisa Anda pakai.

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa menggunakan laser treatment, chemical peeling, operasi, dan lain sebagainya. Dokter kulit yang bertugas di klinik kecantikan akan mengarahkan Anda untuk melakukan bentuk perawatan apa yang sesuai dengan kondisi.

Selanjutnya: Perlu dihindari! Inilah 3 makanan penyebab jerawat

Editor: Belladina Biananda


Terbaru