Kecantikan & Kebugaran

4 pembersih wajah alami ini bisa Anda buat sendiri, lo

Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 pembersih wajah alami ini bisa Anda buat sendiri, lo

ILUSTRASI. Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami.

KONTAN.CO.ID - Perawatan wajah yang bisa Anda lakukan dengan menjaga kebersihannya. Ada banyak sekali cara yang bisa Anda coba, salah satunya dengan menggunakan pembersih wajah alami.

Bahan dan cara membuatnya pun cukup mudah untuk Anda praktikkan sendiri. Berikut bahan unttuk membuat pembersih wajah alami: 

Minyak kelapa

Bagi pemilik wajah kering dan dermatitis atopik, minyak kelapa merupakan pembersih wajah alami yang tepat untuk Anda coba. Kandungan linoleic acid dan lauric acid berperan untuk melembabkan kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Bahan alami ini tak akan menghilangkan minyak alami wajah. Bersumber dari Thehealthy.com, ini cara membuat pembersih wajah alami dari minyak kelapa yang sebaiknya Anda coba.

Pertama-tama, pijatkan minyak kelapa pada wajah selama 30 detik. Setelah itu, gunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat untuk membuka pori-pori wajah, diamkan lagi selama 15 hingga 30 detik, lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Pilihan skincare untuk kulit berminyak

Cuka apel

Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan cuka apel untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Malic acid dalam cuka apel berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit, mencerahkan wajah, dan membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat.

Untuk menggunakan cuka apel, Anda perlu mencampurkannya terlebih dahulu dengan air (perbandingan 1:2). Aplikasikan campuran tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan menggunakan kapas. Setelah kering, oleskan pelembab yang biasanya Anda pakai.

Lemon dan madu

Pembersih wajah alami bisa dibuat dari madu dan air lemon.

Pembersih wajah alami selanjutnya, menurut Thehealthy.com, adalah campuran air lemon dan madu. Kedua bahan ini sudah biasa digunakan untuk perawatan wajah karena kemampuannya sebagai antiseptik dan pelembab.

Tak hanya itu, madu juga mengandung antibakteri dan antioksidan yang bisa mencegah munculnya jerawat dan tanda-tanda penuaan. Di sisi lain, vitamin C dari lemon mampu berfungsi sebagai antioksidan.

Cara membuat pembersih wajah ini adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan madu dan ½ air lemon. Gunakan campuran tersebut sebagai masker selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan menggunakan air dingin.

Baca Juga: 4 Manfaat madu untuk wajah, bisa menghilangkan jerawat

Minyak zaitun

Tak hanya minyak kelapa, minyak zaitun juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan kulit wajah Anda. Selain membersihkan, minyak zaitun juga berfungsi untuk melembabkan dan melembutkan kulit.

Caranya, campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan satu kuning telur, 1 sendok makan madu, dan beberapa tetes air lemon. Gunakan campuran itu untuk membersihkan wajah selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan air.

Selanjutnya: 4 Cara mengatasi wajah kering yang efektif

Editor: Belladina Biananda


Terbaru