Kecantikan & Kebugaran

4 Pilihan skincare untuk kulit berminyak

Rabu, 07 Oktober 2020 | 14:41 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Pilihan skincare untuk kulit berminyak

ILUSTRASI. Memilih skincare untuk kulit berminyak perlu diperhatikan agar kondisi kulit tak bermasalah.

KONTAN.CO.ID - Pemilik tipe kulit berminyak memiliki beberapa masalah yang sulit diatasi, salah satunya adalah jerawat. Ada 4 pilihan skincare untuk kulit berminyak.

Memang, pemilik kulit berminyak memiliki beberapa masalah yang sulit diatasi. Jika Anda salah satu orang yang ingin menyelesaikan masalah kulit, skincare untuk kulit berminyak berikut ini adalah jawabannya:

Pembersih Wajah

Apa pun tipe kulit Anda, membersihkan wajah tiap hari adalah suatu hal yang penting Anda lakukan. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, pastikan untuk mencuci wajah setiap malam dan pagi hari.

Meski terasa masih bersih, saat tidur kulit memproduksi banyak minyak. Jadi, Anda tetap perlu mencucinya, ya.

Mengutip dari Healthline, pemilik kulit berminyak bisa memilih pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Kandungan tersebut akan membersihkan minyak berlebih dan sel kulit mati agar tak menumpuk sehingga menimbulkan jerawat.

Baca Juga: Jangan sampai salah pilih, inilah skincare untuk remaja yang bisa dicoba

Toner

Skincare lain yang bisa digunakan oleh pemilik tipe kulit berminyak adalah toner. Namun, pastikan wajah sudah benar-benar bersih dari sisa make up atau jenis kotoran lainnya, ya.

Jenis toner yang bisa Anda pilih adalah yang mengandung asam salisilat, asam glikolik, dan asam laktat.

Pelembab

Ada banyak orang yang berpendapat bahwa kulit berminyak tak membutuhkan pelembab. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Semua tipe kulit masih membutuhkan pelembab. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih skincare untuk kulit berminyak ini.

Menurut Healthline, pilihlah pelembab yang ringan, bebas minyak, dan berbahan dasar air. Anda bisa menjatuhkan pilihan pada pelembab yang dibuat untuk kulit yang mudah berjerawat.

Baca Juga: Cara menghilangkan bruntusan di dahi ini perlu Anda coba

Retinol dan benzoyl peroxide

Supaya jerawat tak semakin parah, Anda bisa mencegah produksi minyak berlebih di siang hari dengan produk yang mengandung benzoyl peroxide. Sedangkan untuk malam hari, Anda bisa menggunakan produk berbahan retinol.

Melansir dari Healthline, sebaiknya hindari skincare untuk kulit berminyak yang mengandung alkohol karena dapat meningkatkan produksi minyak. Selain itu, hindari pula produk perawatan dengan tekstur tebal dan berminyak, seperti cocoa atau shea butter.

Saat melakukan kegiatan di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen yang mengandung minimal 30 SPF. Sunscreen yang terbuat dari titanium dioxide dan zinc oxide juga mampu mencegah munculnya jerawat.

Selanjutnya: 3 Cara efektif menghilangkan bekas jerawat, bisa pakai bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru