kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Jenis Makanan Penurun Tensi Tinggi, Baik Dikonsumsi Rutin Penderita Hipertensi


Selasa, 17 Oktober 2023 / 16:37 WIB
5 Jenis Makanan Penurun Tensi Tinggi, Baik Dikonsumsi Rutin Penderita Hipertensi
ILUSTRASI. 5 Jenis Makanan Penurun Tensi Tinggi, Baik Dikonsumsi Rutin Penderita Hipertensi.


Penulis: Tiyas Septiana

Makanan Penurun Tensi Tinggi, - Beberapa jenis makanan bisa dikonsumsi secara rutin oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi agar tensi darah tetap normal. 

Bersumber dari Healthline, daging merah, garam berlebih, dan gula tambahan menjadi pemicu tekanan darah naik. 

Tekanan darah yang tinggi dan tidak terkendali bisa menyebabkan penyakit lain seperti stroke hingga gangguan pada jantung.

Berikut ini rangkuman makanan penurun hipertensi dari Healthline dan WebMD yang bisa dikonsumsi penderita hipertensi

Baca Juga: Pantangan Penderita Trigliserida, Ini Daftar Makanan yang Bisa Picu Trigliserida Naik

Buah-buahan

Buah-buahan yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah berbagai macam berri, pisang, dan delima. 

Beri, khususnya blueberry, mengandung senyawa alami bernama flavonoid. Salah satu penelitian menyebutkan jika senyawa ini dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah. 

Anda bisa menambahkan stroberi, blueberry, atau raspberry pada susu atau sereal sarapan pagi Anda. 

Buah pisang ternyata juga mampu membantu menurunkan tekanan darah. Buah ini mengandung potasium yang baik untuk penderita hipertensi.

Delima atau pomegranate juga baik untuk penderita hipertensi. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau di buat jus terlebih dahulu. 

Bawang putih dan minyak zaitun

Makanan penurun tekanan darah tinggi selanjutnya adalah bawang putih dan minyak zaitun. 

Bawang putih bisa meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam tubuh. Senyawa ini membantu meningkatkan pelebaran arteri atau vasodilatasi untuk mengurangi tekanan darah. 

Selain bawang putih beragam rempah-rempah seperti kemangi hingga kayu manis juga bisa membantu menurunkan hipertensi. 

Sedangkan minyak zaitun atau olive oil mengandung lemak sehat dan polifenol. Senyawa polifenol baik untuk melawan peradangan dan membantu mengurangi tekanan darah tinggi. 

Sayuran hijau

Beberapa sayuran hijau mengandung potasium yang tinggi. Zat ini membatu ginjal untuk membuang lebih banyak sodium melalui urin. 

Sodium sendiri adalah zat yang terkandung dalam darah yang menyebabkan naiknya tekanan darah. Sayuran tinggi potasium yang baik untuk penderita hipertensi diantaranya:

  • Bayam 
  • Sayur kale
  • Sawi
  • Kubis
  • Lobak hijau

Baca Juga: Ciri-Ciri Kolesterol Naik yang Perlu Diperhatikan & Cara Cegah Kolesterol Tinggi

Ikan

Pilih ikan yang mengandung lemak seperti salmon atau makerel. Dua jenis ikan ini mengandung Omega 3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah. 

Selain itu, Omega 3 juga bisa mengurangi bengkak dan menurunkan trigliserida. Saat disajikan, sebaiknya ikan tidak digoreng melainkan di bakar atau dikukus.

Cokelat hitam

Siapa yang tidak suka dengan cokelat? Makanan ini banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang nikmat. 

Selain lezat, cokelat juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Namun tidak semua jenis cokelat baik dikonsumsi. 

Berdasarkan penelitian pada tahun 2015, cokelat hitam mampu menekan risiko penyakit kardiovaskuler.

Dalam studi tersebut juga menunjukkan bahwa mengonsumsi 100 gram cokelat hitam per hari bisa mencegah risiko penyakit kardiovaskuler.

Pilih cokelat hitam yang mengandung lebih dari 60 persen kakao dan sedikit gula untuk dikonsumsi. 

Selanjutnya: Indonesian President's Son Among 'Strongest VP Candidates' for Prabowo

Menarik Dibaca: 4 Kesalahan Memakai Deodorant Yang Paling Sering Terjadi, Bikin Tambah Bau Badan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×