kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Ciri-Ciri Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai Termasuk Pada Anak dan Ibu Hamil


Minggu, 16 Juli 2023 / 11:15 WIB
5 Ciri-Ciri Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai Termasuk Pada Anak dan Ibu Hamil


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Usus buntu adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup banyak dialami orang. Ada beberapa ciri-ciri usus buntu yang perlu Anda ketahui dan patut untum diwaspadai. 

Mengetahui ciri-ciri usus buntu adalah yang penting. Sehingga Anda dapat segera melakukan pengobatan lebih cepat saat merasaka gejala sebelum usus buntu memburuk.

Usus buntu yang biasanya disebabkan oleh virus, bakteri maupun virus yang menyumbat. Hal tersebut yang menyebabkan infeksi dan menimbulkan gangguan kesehatan.

Baca Juga: 5 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian, Catat!

Oleh sebab itu infeksi usus buntu harus segera diberikan pengobatan. Pasalnya, peradangan usus buntu yang dibiarkan bisa berisiko pecah yang tentunya menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius. 

Lantas apa saja ciri-ciri usus buntu yang perlu diketahui?

Melansir dari Healthline, simak ciri-ciri usus buntu yang perlu diwaspadai, di antaranya:

Sakit Perut

Sakit perut adalah ciri-ciri usus yang penting untuk diwaspadai. Meski sakit perut adalah hal yang cukup umum, jika Anda mengalami sakit perut dalam frekuensi yang cukup sering sebaiknya Anda memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter. Pasalnya, terlalu sering sakit perut bisa menjadi ciri-ciri peradangan usus buntu.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Petai untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Demam

Selain sakit perut, demam juga merupakan ciri-ciri usus buntu yang patut untuk diwaspadai. Umumnya, suhu tubuh Anda meningkat sampai derajat Celcius. Jika Anda mengalami usus buntu, biasanya demam disertai dengan tubuh yang menggigil. 

Mual dan Muntah

Ciri-ciri usus buntu selanjutnya yaitu mual dan muntah. Peradangan usus buntu pasti menimbulkan rasa mual dan muntah secara terus menerus. Nafsu makan Anda juga akan menurun sehingga Anda tetap harus menjaga asupan cairan tubuh jika terus menerus muntah.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis

Usus Buntu Pada Anak

Tak hanya orang dewasa, anak kecil juga bisa berisiko mengalami radang usus buntu. Ciri-cirinya juga tak jauh berbeda, mulai dari mual, muntah, sakit perut, hingga perut bengkak dan lain-lain. Jika sang anak mengalami hal tersebut segeralah untuk pergi ke dokter atau tenaga medis terdekat.

Usus Buntu Pada Ibu Hamil

Radang usus buntu juga dapat terjadi pada ibu hamil. Salah satu ciri-ciri utama ibu hamil mengalami usus buntu badan terasa tidak nyaman dan perut terasa kram. Jika mengalami usus buntu saat hamil tentu Anda harus berhati-hati. 

Pasalnya, saat kandungan semakin membesar hal tersebut akan membuat usus buntu yang radang tertekan. Hal tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang perlu diantisipasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×