5 Cara merawat kuku agar sehat dan terlihat lebih indah

Selasa, 27 Oktober 2020 | 10:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara merawat kuku agar sehat dan terlihat lebih indah

ILUSTRASI. Selain di salon, cara merawat kuku juga perlu Anda lakukan di rumah. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kuku merupakan salah satu bagian penting di tubuh manusia karena menjaga ujung jari yang dipenuhi saraf. Maka dari itu, cara merawat kuku perlu Anda lakukan dengan benar agar kondisinya tetap sehat. Tak hanya itu, kuku yang terawat juga akan meningkatkan penampilan Anda sehari-hari.

Jaga Kebersihan Kuku

Stylecraze (stylecraze.com) mengatakan, menjaga kebersihan kuku adalah hal penting yang perlu Anda lakukan setiap hari. Pastikan untuk membersihkan kuku secara rutin lalu mengeringkannya agar tak ada bakteri dan jenis kuman lain yang berkembang biak.

Anda bisa membersihkan kuku dengan sikat gigi dan garam. Gosokkan garam dengan sikat gigi pada kuku secara lembut. Namun, pastikan untuk tidak melakukan cara ini terlalu sering, ya. Hal itu justru membuat kuku menjadi pecah dan rusak.

Hentikan Kebiasaan Menggigit Kuku

Sebagian orang memiliki kebiasaan menggigit kuku. Padahal, kebiasaan tersebut tak baik karena menyebabkan kuku menjadi rusak. Saat bertemu dengan air liur, kuku menjadi lemah dan mudah retak.

Baca Juga: 4 cara memutihkan kuku agar tak terlihat kusam

Selain itu, bakteri dari jari lebih mudah berpindah ke mulut sehingga mengancam kesehatan tubuh Anda. Salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku adalah dengan memakai cat kuku beraroma tidak sedap. Dengan begitu, Anda menjadi enggan untuk menggigit kuku Anda.

Gunakan Pelembab

Cara merawat kuku lainnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memakai pelembab. Tak hanya kulit, kuku yang kering juga menimbulkan masalah karena menjadi lebih mudah patah. Dengan memakai pelembab, kuku menjadi lebih kuat. Anda bisa memilih krim tangan atau pelembab lain yang Anda suka.

Baca Juga: Penyebab kutu air dan cara mencegahnya

Potong Kuku

Stylecraze mengatakan bahwa memotong kuku secara rutin tak boleh dilupakan. Usahakan untuk memotong kuku sekali dalam seminggu. Anda bisa memotong kuku secara rata lalu memangkas ujungnya agar kuku berbentuk segi empat atau oval.

Pakai Sarung Tangan

Saat membersihkan rumah atau perlengkapan menggunakan sabun, pastikan untuk memakai sarung tangan, ya. Sabun terbuat dari bahan kimia yang bisa merusak kuku dan kulit tangan. Maka dari itu, memakai sarung tangan penting untuk Anda lakukan. Jangan lupa untuk mencuci sarung tangan setelah dipakai.

Selanjutnya: 4 Cara mengobati cantengan dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru