4 cara memutihkan kuku agar tak terlihat kusam

Jumat, 02 Oktober 2020 | 13:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 cara memutihkan kuku agar tak terlihat kusam

ILUSTRASI. Agar terlihat lebih indah, Anda perlu mempraktikkan cara memutihkan kuku.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir semua orang ingin memiliki kuku yang putih, cerah, dan terlihat cantik. Jika Anda salah satunya, cara memutihkan kuku berikut ini patut dicoba. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami dan bahan lain yang mudah ditemukan di sekitar Anda.

Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan bahan pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk memutihkan kuku. Selain menutrisi kuku, tea tree oil juga mengandung antijamur dan antibakteri sehingga bisa merawat kesehatan kuku Anda.

Mengutip dari Hello Glow, Anda bisa memberikan satu hingga dua tetes tea tree oil di bantalan kuku (bagian yang berada persis di bawah kuku). Bagi pemilik kulit sensitif, Anda bisa membilasnya setelah didiamkan selam lima hingga 10 menit.

Jika tak ada masalah yang muncul di kulit Anda, Anda bisa menggunakan tea tree oil di bantalan kuku seharian. Anda bisa meneteskan tea tree oil beberapa kali sampai kuku terlihat lebih cerah.

Baca Juga: Laba cantik dari kursus merawat dan melukis kuku

Stroberi

Selain tea tree oil, stroberi juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan warna kuku. Caranya, potong sebuah stroberi menjadi dua bagian. Gosokkan stroberi pada tiap kuku lalu diamkan selama lima sampai 10 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.

Untuk hasil yang lebih cepat, Anda bisa mencampurkan stroberi dengan baking soda. Pertama, tumbuk 4 buah stroberi hingga lembut, kemudian tambahkan 1 sdt baking soda. Oleskan campuran itu pada tiap kuku selama 10 menit lalu bersihkan menggunakan air.

Pasta Gigi

Tak hanya digunakan untuk merawat gigi, pasta gigi juga bisa dimanfaatkan sebagai cara memutihkan kuku, lo. Caranya pun mudah, yaitu dengan menggosokkan pasta gigi (whitening toothpaste) pada kuku lalu diamkan selama 10 menit.

Selanjutnya, sikat pasta gigi yang masih menempel secara perlahan di bawah siraman air hangat. Anda bisa mengulangi cara ini beberapa kali agar noda di kuku bisa hilang.

Baca Juga: Inilah penyebab kuku kuning dan cara mengatasinya

Air Lemon dan Baking Soda

Menggunakan lemon dan baking soda bisa jadi cara memutihkan kuku.

Hello Glow juga merekomendasikan air lemon dan baking soda untuk mencerahkan warna kuku. Caranya, campurkan 1 sdm air lemon dan 2 sdm baking soda sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan pada kuku dan diamkan selama beberapa menit.

Sebelum membersihkan sisa pasta, Anda bisa memberikan sedikit pijatan agar terserap lebih maksimal. Jika Anda memiliki luka di sekitar kuku, sebaiknya Anda tidak menggunakan bahan ini karena zat asam lemon akan menimbulkan rasa sakit.

Selanjutnya: 5 Cat kuku termahal di dunia

Editor: Belladina Biananda
Terbaru