Tips Sehat

Inilah penyebab kuku kuning dan cara mengatasinya

Jumat, 10 Juli 2020 | 15:12 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Inilah penyebab kuku kuning dan cara mengatasinya

ILUSTRASI. Jamur menjadi salah satu penyebab kuku kuning.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa sih yang suka dengan warna kuku yang pudar? Bahkan, banyak orang rela mengeluarkan banyak uang ke salon untuk perawatan kuku agar terlihat bagus. 

Dr. Miguel Cunha, dokter spesialis penyakit kaki dari New York, menyebutkan ada beberapa hal yang menjadi penyebab kuku kuning. Penyebabnya adalah adanya jamur, luka memar, genetik, atau adanya pigmen yang terlalu banyak. Hal itu disampaikan dalam byrdie.com.

  • Jamur

Dr. Miguel menyebutkan bahwa penyebab kuku kuning yang utama adalah karena adanya jamur. Jamur muncul di lingkungan yang gelap, hangat, dan lembab. Biasanya, jamur muncul dalam sepatu. Jika terus dibiarkan, kuku tidak hanya berwarna kuning, tapi juga menjadi tebal. Hal itu akan menyebabkan rasa sakit bila tak segera ditangani.

Baca Juga: Masih pandemi, tetap rajin cuci tangan tapi dengan cara yang benar

  • Luka Memar

Masih dari laman yang sama, Dr. Miguel mengatakan bahwa luka memar menjadi penyebab selanjutnya mengapa kuku menjadi berwarna. Pembuluh darah di bawah kuku terluka sehingga meninggalkan warna hitam. Munculnya noda hitam tersebut juga bisa disebut dengan istilah subungual hematoma.

Cara menghilangkan subungual hematoma adalah dengan membiarkannya. Kuku akan tumbuh dan seiring berjalannya waktu akan menghilang. Namun, sayangnya kuku tidak tumbuh dengan cepat. Jika Anda ingin segera menghilangkan noda hitam akibat luka di kuku, akan lebih baik jika membawanya ke dokter.

  • Genetik

Faktor keturunan juga menjadi penyebab kuku kuning yang sering terjadinya. Pertumbuhan jamur di kuku juga bisa diturunkan dalam keluarga. Kuku menjadi berwarna pudar dan memiliki tekstur yang lebih tebal daripada kuku normal lainnya.

Baca Juga: Berikut obat herbal yang ampuh meredakan gatal-gatal dan ruam

  • Terlalu Banyak Pigmen

Dr. Miguel menyebutkan bahwa penyebab kuku kuning juga bisa dikarenakan adanya kemungkinan kelebihan pigmen. Dr. Miguel menyatakan hal tersebut terjadi pada hampir 50% orang Afrika-Amerika. Kondisi tersebut juga biasa dikenal dengan nama linear melanonychia. Kondisi ini disebabkan ketika melanocytes menghasilkan terlalu banyak pigmen sehingga kuku menjadi berwarna lebih gelap.

Untuk mengatasi penyebab-penyebab tersebut, byrdie.com memberi saran agar Anda menggunakan sepatu yang pas. Jangan lupa untuk memakai kaos kaki dan menggantinya secara rutin. Selain menggunakan sepatu yang pas dan kaos kaki, Anda juga bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter untuk menghilangkan penyebab kuku kuning.

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru