kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,76   6,12   0.66%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengobati cantengan dengan bahan alami


Jumat, 11 September 2020 / 12:37 WIB
4 Cara mengobati cantengan dengan bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cantengan adalah infeksi di sekitar kuku yang menyebabkan inflamasi sehingga kulit terasa sakit saat dipegang. Pada sebagian kasus, cantengan membuat kulit di sekitar kuku mengandung nanah. Cara mengobati cantengan bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Cuka Apel

Cuka apel adalah antiseptik alami yang mengandung antimikroba dan antibakteri. Bahan alami ini cukup efektif digunakan sebagai cara mengobati cantengan. Kandungan yang ada di dalamnya bisa membasmi bakteri penyebab cantengan.

Simply Health merekomendasikan cara pemakaian cuka apel untuk mengobati cantengan. Caranya, celupkan kapas pada cuka apel kemudian aplikasikan pada daerah kuku yang terinfeksi. Anda bisa menempelkan kapas pada cantengan selama mungkin sebelum melepasnya.

Cara mengobati cantengan dengan cuka apel mungkin menyebabkan bau tak sedap. Namun, itulah tanda bahwa cuka apel sedang melawan infeksi bakteri. Jika Anda tak tahan dengan rasa perih yang mungkin timbul, campurkan sedikit air pada cuka apel sebelum menggunakannya pada cantengan.

Baca Juga: Inilah penyebab kuku kuning dan cara mengatasinya

Baking Soda

Bakteri penyebab cantengan bisa bertahan pada lingkungan yang asam. Mengubah tingkat pH kulit mampu mengurangi pertumbuhan bakteri dan mengurangi gejala cantengan. Cara mengobati cantengan bisa menggunakan baking soda.

Selain digunakan untuk memasak, Simply Health mengatakan bahwa baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi keasaman.

Cara mengobati cantengan bisa dilakukan dengan mencampur baking soda (1 sdt) dan beberapa tetes air lalu gunakan pada kuku yang terinfeksi.Cara mengobati cantengan ini bisa dilakukan dua hingga tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: Kuku panjang bisa jadi penyebar virus corona, kok bisa?

Tea Tree Oil

Cara mengobati cantengan bisa menggunakan tea tree oil. Bahan alami ini mengandung flavonoid yang berperan sebagai antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri. Letakkan beberapa tetes tea tree oil pada kasa kemudian balutkan pada cantengan.

Anda bisa melakukan cara mengobati cantengan tersebut sebanyak dua hingga tiga kali sampai gejalanya hilang. Sama seperti cuka apel, cara mengobati cantengan dengan bahan ini mungkin meniumbalkan bau tak sedap. Hal itu bisa diatasi dengan mencampurnya bersama air (1 sdm).

Gel Aloe Vera

Gel Aloe Vera adalah bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengobati cantengan. Aloe vera berperan sebagai antibakteri dan antiseptik serta mengandung antioksidan polyphenol untuk mengurangi inflamasi akibat cantengan.

Anda bisa menggunakan gel aloe vera pada kuku yang terinfeksi kemudian tutup menggunakan perban. Simply Health menyebutkan, cara mengobati cantengan dengan bahan ini bisa memberikan hasil selama 24 jam.

Selanjutnya: Ini bahaya memiliki kebiasaan menggigit kuku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×