Kesehatan Umum

5 Cara menyembuhkan sariawan dengan bahan alami

Jumat, 23 Oktober 2020 | 10:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menyembuhkan sariawan dengan bahan alami

ILUSTRASI. Cara menyembuhkan sariawan bisa menggunakan bawang putih. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sariawan merupakan luka dalam mulut yang menyebabkan rasa sakit. Ada banyak hal yang menyebabkan sariawan. Mulai dari stres, kekurangan vitamin, perubahan hormon, dan kondisi kesehatan lainnya. Cara menyembuhkan sariawan berikut wajib Anda coba untuk mengatasi masalah itu.

Cuka Apel

Mengutip dari Femina India (femina.in), salah satu bahan efektif untuk mengobati sariawan adalah cuka apel. Cuka apel mengandung zat asam yang bisa dimanfaatkan untuk membasmi bakteri penyebab sariawan.

Anda perlu mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air hangat terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan campuran untuk berkumur selama beberapa menit lalu berkumur lagi dengan air biasa. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari sampai rasa sakit mereda.

Madu

Cara menyembuhkan sariawan juga bisa Anda lakukan dengan memakai madu. Bahan alami ini mengandung antibakteri sehingga efektif digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Baca Juga: 4 Cara mengobati sariawan di lidah dengan bahan alami

Letakkan beberapa tetes madu ke kapas, lalu tempelkan kapas tersebut pada sariawan. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali sampai rasa nyeri akibat sariawan berkurang.

Lidah Buaya

Selain bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka di kulit, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati luka dalam mulut. Femina India mengatakan bahwa bahan alami ini mengandung antiseptik sehingga mampu menyembuhkan sariawan lebih cepat.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanaman atau menggunakan gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Namun, pastikan komposisi gel lidah buaya tak mengandung bahan-bahan yang berbahaya, ya. Gunakan gel lidah buaya langsung pada sariawan untuk meredakan rasa sakit.

Garam

Tak hanya meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi, larutan garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sariawan yang sedang Anda alami. Anda bisa menggunakan larutan tersebut untuk berkumur sampai rasa sakit sariawan menghilang.

Baca Juga: 6 Obat sariawan anak dari bahan alami

Pertama, campurkan sedikit garam ke segelas air hangat. Gunakan larutan itu untuk berkumur selama beberapa menit. Usahakan untuk mencuci seluruh bagian mulut, tapi pastikan agar tak tertelan. Setelah itu, Anda perlu berkumur lagi dengan air biasa.

Bawang Putih

Pertumbuhan mikroorganisme penyebab sariawan bisa Anda cegah dengan bawang putih. Hal itu disebabkan karena adanya senyawa yang bernama allicin. Cara menyembuhkan sariawan ini bisa Anda lakukan dengan mudah.

Pertama, kupas sebutir bawang putih lalu potong menjadi dua bagian. Usapkan sebagian bawang putih pada sariawan secara lembut lalu diamkan selama satu jam. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.

Selanjutnya: Yuk kenali 5 cara membedakan sariawan dengan kanker mulut

Editor: Belladina Biananda


Terbaru