Yuk kenali 5 cara membedakan sariawan dengan kanker mulut

Senin, 05 Oktober 2020 | 09:43 WIB Sumber: Kompas.com
Yuk kenali 5 cara membedakan sariawan dengan kanker mulut

ILUSTRASI. Yuk kenali 5 cara membedakan sariawan dengan kanker mulut. REUTERS/Neil Hall


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sariawan adalah penyakit yang mudah terjadi pada banyak orang. Tak heran. banyak yang menganggap sepele sariawan. Padahal, sariawan bisa menjadi salah satu tanda atau gejala awal penyakit serius, sebut saja kanker mulut.

Penyakit kanker mulut tentu tak layak disepelekan. Telat mendeteksi kanker mulut sejak dini, biaya pengobatan bakal mahal dan nyawa menjadi taruhannya.

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker mulut nyatanya dapat pula menyebabkan komplikasi berbahaya hingga berujung kematian. Berdasarkan data yang dilansir National Cancer Institute, di Amerika Serikat (AS) bahkan ada sekitar 41.000 kasus penyakit kanker mulut muncul setiap tahunnya dan menyebabkan hampir 8.000 orang meninggal dunia.

Berikut ini adalah beberapa cara membedakan sariawan dengan kanker mulut yang perlu dikenali:

1. Lihat seberapa lama terjadinya sariawan

Cara membedakan sariawan dengan kanker mulut yang pertama adalah dengan melihat seberapa lama terjadinya sariawan. Sariawan terjadi ketika luka (ulser) muncul pada jaringan lunak rongga mulut (mukosa mulut) yang pada umumnya berada di mukosa labial, mukosa bukal, dasar mulut, atau di lidah. Ulser ini biasanya dapat sembuh dalam 7 – 14 hari dan tanpa disertai atau didahului demam.

Melansir Everyday Health, jika Anda mengalami ulser yang tidak kunjung membaik setelah 2 minggu minggu atau memburuk, lebih baik segera temui dokter atau dokter gigi. Pasalnya, apa yang tampak sebagai sariawan sebenarnya bisa jadi adalah kanker mulut.

Baca juga: Daftar 10 aktris Hollywood dengan bayaran tertinggi tahun 2020

Editor: Adi Wikanto


Terbaru