Kesehatan Anak

6 Obat sariawan anak dari bahan alami

Rabu, 09 September 2020 | 14:51 WIB   Reporter: Belladina Biananda
6 Obat sariawan anak dari bahan alami

ILUSTRASI. Es krim bisa jadi salah satu obat sariawan anak yang bisa dicoba.

KONTAN.CO.ID - Sariawan bisa terjadi pada anak-anak karena berbagai macam alasan. Obat sariawan dari bahan alami bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi hal itu.

Penyebab sariawan anak-anak bermacam-macam, mulai dari stres, terluka, kekurangan vitamin dan mineral, hingga alergi. Anda bisa mencoba obat sariawan dari bahan alami berikut:

Madu

Untuk anak yang berusia di atas satu tahun, madu bisa digunakan sebagai obat sariawan anak. Aplikasikan madu pada sariawan dan area di sekitarnya beberapa kali.

Sebab, madu mengandung antimikroba yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: Obat sariawan dan cara mencegahnya

Kunyit

Mengutip dari Firstcry.com, Anda bisa menggunakan kunyit sebagai obat sariawan anak. Kunyit memiliki banyak kandungan yang dapat menyembuhkan sariawan.

Kandungan tersebut adalah antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri. Anda bisa menggabungkan obat sariawan anak ini dengan madu agar lebih mudah digunakan.

Kelapa

Anda bisa memakai kelapa sebagai obat sariawan anak yang efektif. Anda bisa memberikan air kelapa kepada anak untuk diminum atau memberikan santan untuk berkumur.

Jika tak ada kelapa, Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengobati sariawan anak. Hanya, melansir Firstcry.com, jangan menggunakan minyak kelapa pada anak yang berusia di bawah satu tahun.

Baca Juga: 3 Penyebab gusi bengkak yang perlu diketahui

Editor: Belladina Biananda


Terbaru