kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengobati sariawan di lidah dengan bahan alami


Senin, 12 Oktober 2020 / 10:49 WIB
4 Cara mengobati sariawan di lidah dengan bahan alami
ILUSTRASI. Beberapa bahan alami bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati sariawan di lidah. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sariawan, apalagi yang muncul di lidah, merupakan suatu masalah yang cukup mengganggu. Anda akan mengalami kesulitan saat makan atau berbicara karena timbulnya rasa sakit. Cara mengobati sariawan di lidah ada banyak, termasuk menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

Madu

Selain terasa enak, madu juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sariawan, lo. Kandungan antimikroba dalam madu mampu mengobati luka dalam mulut dan melindungi area di sekitarnya. 

Anda bisa mengaplikasikan madu pada sariawan dan biarkan selama beberapa menit. Anda bisa mengulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari agar sariawan bisa sembuh lebih cepat.

Minyak Kelapa

Med Life mengatakan, cara mengobati sariawan di lidah juga bisa menggunakan minyak kelapa. Sama seperti madu, Anda bisa mengaplikasikan minyak kelapa di permukaan sariawan dan biarkan selama beberapa menit.

Baca Juga: 6 Obat sariawan anak dari bahan alami

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk menyembuhkan sariawan saat tidur di malam hari. Kemampuan menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan akibat sariawan didapat karena adanya kandungan antimikroba.

Jeruk

Salah satu penyebab munculnya sariawan adalah tubuh yang kekurangan vitamin C. Maka dari itu, Anda bisa mengobatinya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C, misalnya jeruk.

Selain menyembuhkan luka sariawan, vitamin C juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Jika Anda kesulitan untuk mengonsumsi sebuah jeruk, Anda bisa mengolahnya menjadi jus jeruk. Usahakan untuk mengonsumsi dua gelas air jeruk tiap hari agar sariawan bisa segera sembuh.

Baca Juga: Obat sariawan bisa dari bahan herbal ini, bahan-bahannya banyak di rumah

Bawang Putih

Cara mengobati sariawan di lidah bisa menggunakan bawang putih.

Tak hanya dimanfaatkan untuk menyedapkan rasa masakan, bawang putih juga bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan. Sama seperti bahan-bahan alami yang telah disebutkan, bawang putih juga mengandung antimikroba yang mampu memerangi infeksi.

Cara yang direkomendasikan Med Life adalah, potong sebutir bawang putih menjadi dua bagian. Setelah itu, tempelkan potongan bawang putih pada sariawan selama satu hingga dua menit. 

Selanjutnya, berkumurlah dengan air untuk menghilangkan sisa aroma bawang putih. Anda bisa mengulangi cara mengobati sariawan di lidah ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Selanjutnya: Obat sariawan dan cara mencegahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×