5 Cara menurunkan tekanan darah tinggi ini bisa Anda coba

Jumat, 29 Oktober 2021 | 09:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menurunkan tekanan darah tinggi ini bisa Anda coba

ILUSTRASI. Berbagai macam cara menurunkan tekanan darah tinggi perlu Anda coba.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Supaya kondisi itu tak kian parah, beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi perlu Anda lakukan. Tak perlu khawtair, cara-cara dalam artikel ini cukup mudah untuk dicoba.

Biasanya, tekanan darah tinggi terjadi karena penumpukan kolesterol. Jumlah kolesterol yang terlalu banyak mempersempit aliran darah sehingga tekanan darah pun meningkat. Bila dibiarkan, kesehatan jantung bisa jadi korban.

Namun, penyebab tekanan darah tinggi tak hanya itu. Jadi, selain melakukan hal-hal berikut secara teratur, jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda terpantau.

Batasi Asupan Garam

APWU Health Plan (apwuhp.com) menyarankan Anda untuk membatasi asupan garam. Alasannya karena garam mengandung banyak sodium. Sebaiknya, penderita hipertensi tidak mengonsumsi garam lebih dari 1500 mg per hari.

Tak hanya garam, masih banyak jenis makanan lain yang mengandung sodium, misalnya makanan kaleng. Maka dari itu, cobalah untuk membaca label kemasan sebelum mengonsumsi makanan tersebut. Alih-alih menggunakan garam, Anda bisa menambah cita rasa makanan dengan memanfaatkan rempah lain.

Baca Juga: Disfungsi seksual juga terjadi pada wanita, ini tanda dan cara mengatasinya

Rajin Olahraga

Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan rajin olahraga.

Mengutip dari APWU Health Plan, olahraga secara rutin bisa jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi yang efektif. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Cobalah untuk olahraga selama 30 menit per hari sebanyak lima hari per minggu. Sesuaikan olahraga dengan kondisi Anda, ya. Anda juga bisa berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menentukan olaharaga yang tepat untuk Anda coba.

Pilih Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi adalah hal penting yang bisa Anda coba untuk menurunkan tekanan darah. Pilihlah sayur, buah, biji utuh, dan produk olahan susu rendah lemak yang Anda sukai. Namun, pastikan memilih makanan yang rendah sodium, ya.

Makan Pisang

Mengonsumsi pisang jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Tahukah Anda bahwa pisang bisa jadi obat hipertensi? Dalam satu pisang berukuran sedang, Anda bisa mendapatkan 420 mg kalium yang baik untuk Anda. Selain itu, pisang juga dipenuhi dengan nutrisi lain, misalnya serat.

Baca Juga: Selain gorengan, waspadai makanan penyebab kolesterol ini

Kelola Stres dengan Baik

Mengelola stres dengan baik termasuk salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi yang sebaiknya Anda coba. Saat stres, ada kemungkinan Anda untuk lebih sering merokok, mengonsumsi alkohol lebih banyak, dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Beberapa hal itulah yang membuat tekanan darah tinggi. Cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Misalnya, melakukan hobi, olahraga, atau jika perlu berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, stres akan terkontrol, begitu pula dengan tekanan darah Anda.

Selanjutnya: Stres: Penyebab, gejala, dan cara menanggulanginya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru