Selain gorengan, waspadai makanan penyebab kolesterol ini

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Selain gorengan, waspadai makanan penyebab kolesterol ini

ILUSTRASI. Anda perlu membatasi konsumsi makanan penyebab kolesterol.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki jumlah kolesterol yang tidak terkontrol bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah. Salah satu cara menurunkan kolesterol yang bisa Anda lakukan adalah dengan mewaspadai makanan penyebab kolesterol.

Apabila Anda tak mengatur makanan sehari-hari, komplikasi kesehatan dapat Anda alami. Mulai dari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, stroke, penyakit jantung, dan penyakit-penyakit yang lain.

Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah menghindari makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Alih-alih mengonsumsi jenis makanan seperti itu, Anda perlu menggantinya dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal atau ganda.

Daging Olahan

Daging olahan adalah makanan penyebab kolesterol pertama yang konsumsinya perlu Anda waspadai. Mengutip dari GoodRx Health (goodrx.com), daging olahan, seperti sosis atau bacon mengandung banyak garam. Nah, kandungan itulah yang tak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Ini waktu yang tepat minum air putih untuk menurunkan berat badan

Minuman Beralkohol

Supaya jumlah kolesterol tetap terjaga, cobalah untuk membatasi asupan minuman beralkohol. Jenis minuman itu dapat meningkatkan jumlah lemak trigliserida yang mana tidak baik untuk kesehatan jantung dan kondisi tubuh secara menyeluruh.

Gorengan

Gorengan termasuk makanan penyebab kolesterol.

Bukan lagi jadi rahasia apabila gorengan termasuk pantangan kolesterol yang perlu Anda waspadai. Proses pengolahan gorengan membuat kandungan lemak trans melonjak. Kandungan tersebut dapat meningkatkan jumlah kolesterol dan memperburuk kesehatan jantung Anda.

Gula

Kue atau makanan olahan lain yang mengandung banyak gula termasuk dalam daftar makanan penyebab kolesterol yang sebaiknya Anda waspadai. Hal yang sama juga berlaku pada minuman manis, seperti minuman berkarbonasi.

Baca Juga: Kenali 6 penyebab penyakit gagal ginjal yang menyerang kalangan muda

Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Selain mewaspadai makanan penyebab kolesterol, mengonsumsi jenis makanan lain juga bisa Anda lakukan.

Selain mewaspadai beberapa makanan yang sudah disebutkan, cara menurunkan kolesterol juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan GoodRx Healt untuk Anda.

Pertama, perbanyak asupan sumber serat. Anda bisa mengonsumsi buah, sayur, kacang, dan lain sebagainya. Selanjutnya, tak ada salahnya untuk mulai rutin mengonsumsi lemak ikan. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan mampu meredakan inflamasi dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Tak berhenti sampai di situ, produk olahan kacang kedelai juga memberikan efek yang sama. Produk olahan kedelai, seperti tahu, susu kedelai, atau tempe, mengandung banyak serat dan lemak tak jenuh tungga yang efektif menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Selanjutnya: 5 Obat herbal bisa meredakan nyeri akibat asam urat, meraciknya mudah!

Editor: Belladina Biananda
Terbaru