5 Obat herbal bisa meredakan nyeri akibat asam urat, meraciknya mudah!

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:00 WIB Sumber: Kompas.com
5 Obat herbal bisa meredakan nyeri akibat asam urat, meraciknya mudah!

ILUSTRASI. Asam urat dapat membentuk kristal dan menumpuk di persendian sehingga menyebabkan sensasi nyeri pada sendi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang menderita asam urat? Anda pasti setuju, saat asam urat kambuh, rasa nyerinya pada sendi sangat mengganggu. 

Asam urat dapat membentuk kristal dan menumpuk di persendian sehingga menyebabkan inflamasi dan menimbulkan sensasi nyeri pada sendi. Cara paling efektif mengatasi penyakit yang mirip dengan osteoarthritis ini bukan hanya dengan obat-obatan, tetapi harus didukung dengan perubahan gaya hidup menjadi yang lebih sehat. 

Penderita asam urat harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung purin, seperti seafood, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. 
Selain itu, ada baiknya juga untuk rutin mengonsumsi obat-obatan herbal yang terbukti ampuh mengatasi gejala asam urat. 

Dilansir dari Healthline melalui KOMPAS.com, berikut ini 5 obat herbal yang ampuh redakan gejala asam urat: 

1. Seledri 

Sejak dahulu, ceri sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah pada saluran kemih. Seperti yang diketahui, kandungan asam urat berlebih akan dikeluarkan tubuh melalui ginjal. 

Oleh karena itu, ginjal dan saluran kemih yang sehat dapat membuat ekskresi asam urat di dalam darah lebih optimal. Seledri pun mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi, sehingga bisa meredakan radang saat terserang asam urat. 

Baca Juga: 4 Cara makan telur yang bisa membantu menurunkan berat badan

2. Kunyit dan lemon 

Rutin meminum air kunyit dan lemon sebanyak dua kali sehari berpotensi menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kedua bahan ini memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan imun dan menyehatkan saluran pencernaan. 

3. Magnesium 

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak magnesium juga berkhasiat menurunkan dan mencegah gejala asam urat. Beberapa makanan yang mempunyai nutrisi magnesium yakni bayam, biji chia, dan kentang. 

Baca Juga: Awas! Ini 5 makanan yang bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam darah

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru