Tips Sehat

5 Cara mengobati radang tenggorokan dengan bahan alami

Senin, 19 Oktober 2020 | 12:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengobati radang tenggorokan dengan bahan alami

ILUSTRASI. Madu bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati radang tenggorokan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang tenggorokan membuat tenggorokan iritasi sehingga terasa sakit dan gatal. Jika terus dibiarkan, kondisinya bisa semakin parah, apalagi saat digunakan untuk menelan makanan dan minuman. Selain memeriksakan ke dokter, cara mengobati radang tenggorokan juga bisa dilakukan dengan bahan alami ini.

Madu

Mengutip dari Healthline (healthline.com), madu merupakan bahan alami yang efektif untuk meredakan batuk di malam hari dan radang tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurkannya terlebih dahulu dalam teh hangat.

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Hal yang sama juga berlaku pada proses penyembuhan radang tenggorokan.

Air Garam

Selain madu, cara mengobati radang tenggorokan juga dapat Anda lakukan dengan berkumur menggunakan air garam. Kandungan dalam air garam mampu membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

Baca Juga: 4 Makanan penyebab radang tenggorokan yang perlu dihindari

Cara membuatnya, campurkan ½ sdt garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan itu untuk berkumur, tapi pastikan agar tidak tertelan, ya. Kumurlah menggunakan air garam setiap tiga jam sekali sampai kondisi tenggorokan membaik.

Teh Kamomil

Obat radang tenggorokan yang juga direkomendasikan oleh Healthline adalah teh kamomil. Jenis teh ini mengandung antioksidan dan antiinflamasi sehingga mampu melegakan tenggorokan yang sakit. 

Selain mengonsumsi teh kamomil, menghirup uap panas yang dihasilkan oleh teh juga bisa meredakan sakit tenggorokan sebagai gejala demam. Tak hanya itu, teh kamomil juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga penyakit cepat sembuh.

Cuka Apel

Cara mengobati radang tenggorokan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan cuka apel. Bahan alami ini mengandung antibakteri dan zat asam alami sehingga bisa mengencerkan dahak yang mengganggu tenggorokan.

Baca Juga: Penyebab tenggorokan gatal, obat dan cara mencegahnya

Untuk meredakan sakit tenggorokan yang terasa, cobalah berkumur menggunakan air yang telah dicampur dengan satu hingga dua sendok makan cuka apel. Ulangi cara ini tiap satu hingga dua jam sekali. Jangan lupa untuk minum banyak air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Bawang Putih

Bawang putih bisa digunakan sebagai cara mengobati radang tenggorokan.

Bawang putih mengandung antibakteri yang bisa melawan infeksi. Anda bisa menambahkan bawang putih di makanan yang Anda konsumsi sehari-hari atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen. Jangan lupa untuk menggosok gigi setiap selesai mengonsumsi bawang putih agar bau mulut tak terganggu.

Selanjutnya: 6 Cara mengobati batuk kering dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru