kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara mengobati amandel ini pakai bahan-bahan alami, lo


Senin, 18 Oktober 2021 / 10:20 WIB
5 Cara mengobati amandel ini pakai bahan-bahan alami, lo


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Amandel bisa meradang saat terinfeksi virus atau bakteri. Apabila Anda mengalaminya, ada banyak cara mengobati amandel yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memakai bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar Anda.

Biasanya, radang amandel ditandai dengan beberapa gejala. Mulai dari sakit tenggorokan, demam, dan kesulitan untuk menelan makanan. Supaya tak bertambah bertambah, Anda perlu menghindari paparan asap rokok atau faktor lain yang berisiko memperburuk radang amandel.

Di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa jenis bahan alami yang bisa Anda manfaatkan. Namun, apabila setelah menggunakan bahan alami ini radang amandel tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter.

Yogurt

Mengutip dari Pdxent.com, yogurt cocok dikonsumsi selama Anda mengalami radang amandel. Alasannya karena produk olahan susu itu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat sakit. Mulai dari protein, karbohidrat, probiotik, dan lemak sehat.

Baca Juga: Tidak harus operasi, ini 7 cara mengobati amandel

Oatmeal

Salah satu cara mengobati amandel adalah dengan mengonsumsi oatmeal.

Mengonsumsi oatmeal jadi cara mengobati amandel berikutnya yang layak untuk Anda coba. Teksturnya yang lembut memudahkan Anda untuk menelan jenis makanan itu. Oatmeal juga dipenuhi dengan berbagai jenis gizi, seperti zinc, serat, magnesium, dan antioksidan.

Madu

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan madu sebagai obat amandel. Alasannya karena bahan alami itu mampu melawan infeksi bakteri dan virus. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi madu secara berlebihan, ya.

Pdxent.com mengatakan bahwa madu mengandung banyak gula. Nah, kandungan gula dari madu yang masuk ke tubuh terlalu banyak dapat mengurangi kemampuan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi. Madu juga sebaiknya tak diberikan ke anak berusia di bawah 1 tahun karena berisiko menimbulkan alergi.

Baca Juga: Pakai daun kemangi, cek 4 rekomendasi obat demam ini

Jahe

Mengonsumsi jahe bisa jadi cara mengobati amandel.

Bukan lagi jadi rahasia bila mengonsumsi jahe bisa jadi cara mengobati amandel. Antioksidan yang terdapat dalam jahe efektif melawan infeksi virus dan bakteri penyebab radang amandel. Tak hanya itu, kandungan dalam jahe pun efektif meredakan inflamasi dan mengurangi rasa sakit.

Telur

Bahan alami lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai obat radang amandel adalah telur. Telur memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat terinfeksi virus atau bakteri. Mulai dari vitamin D, vitamin B12, zin, selenium, zat besi, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Tenggorokan sakit saat menelan? Berikut 5 penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×