Tenggorokan sakit saat menelan? Berikut 5 penyebabnya

Rabu, 06 Oktober 2021 | 14:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tenggorokan sakit saat menelan? Berikut 5 penyebabnya

ILUSTRASI. Ada banyak hal yang jadi penyebab tenggorokan sakit saat menelan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tenggorokan sakit saat menelan bisa dialami oleh siapa saja. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda menjadi lebih mudah untuk menemukan cara pengobatan yang tepat. Apabila Anda membiarkan tenggorokan sakit, tentu saja masalah kesehatan yang lain bisa muncul.

Biasanya, tenggrokan yang terasa sakit menjadi tanda adanya infeksi. Selain membuat Anda kesulitan untuk menelan, biasanya infeksi juga ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat. Suapay perawatan yang sesuai bisa Anda dapatkan, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter.

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang dilakukan dokter sebelum mendiagnosa Anda. Nantinya, saran pengobatan yang diberikan ke Anda disesuaikan dengan penyebabnya. Bisa jadi karena GERD, penyakit crohn, dan lain sebagainya.

GERD

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi di mana katup antara lambung dan saluran pencernaan atas tak berfungsi. Akibatnya, asam lambung kembali ke saluran pencernaan atas. Salah satu efeknya adalah menimbulkan rasa sakit di bagian tenggorokan.

Baca Juga: Radang sendi sering kumat? Ini 6 makanan yang efektif meringankan radang sendi

Pilek

Pilek bisa menyebabkan tenggorokan sakit saat menelan.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), pilek jadi salah satu penyebab sakit tenggorokan yang banyak terjadi. Supaya tak bertambah parah, Anda perlu memperbanyak waktu istirahat. Mengonsumsi minuman hangat juga bisa meredakan sakit tenggorokan yang Anda rasakan.

Penyakit Crohn

Tenggorokan sakit saat menelan juga bisa terjadi karena penyakit crohn. Umumnya, penyakit crohn menginfeksi usus besar, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit itu juga menyerang saluran pencernaan atas, seperti tenggorokan.

Biasanya, penyakit crohn ditandai dengan gejala-gejala yang lain. Mulai dari diare, perut kram, berat badan turun, dan nafsu makan yang berkurang. bentuk pemeriksaan yang umumnya dilakukan adalah endoskopi.

Baca Juga: 4 Cara membersihkan telinga pakai bahan-bahan alami

Obat yang Anda Konsumsi

Tenggorokan sakit saat menelan bisa karena obat yang Anda konsumsi.

Obat yang tak tertelan dengan baik bisa menempel di tenggorokan sehingga menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda perlu minum banyak air putih. Usahakan untuk tidak berbaring selama 30 menit supaya kondisi yang Anda alami tak semakin parah.

Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan yang terjadi karena infeksi bakteri juga bisa jadi penyebab tenggorokan sakit saat menelan. Medical News Today mengatakan bahwa radang tenggorokan biasanya dibarengi dengan demam dan pembengkakan di kelenjar getah bening.

Itulah beragam penyebab tenggorokan sakit. Oleh karena itu, sebelum minum obat, pastikan dahulu apa penyebab sakit tenggorokan yang Anda alami.

Selanjutnya: Tidak harus operasi, ini 7 cara mengobati amandel

Editor: Belladina Biananda
Terbaru