4 Cara membersihkan telinga pakai bahan-bahan alami

Jumat, 17 September 2021 | 09:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara membersihkan telinga pakai bahan-bahan alami

ILUSTRASI. Cara membersihkan telinga bisa Anda coba dengan bahan alami. REUTERS/Damir Sagolj

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebenarnya, telinga adalah salah satu bagian tubuh yang bisa bersih dengan sendirinya. Sayangnya, ada beberapa kasus di mana kotoran dalam telinga menumpuk terlalu banyak sehingga perlu dibersihkan. Cara membersihkan telinga pun perlu segera Anda lakukan.

Biasanya, kotoran telinga yang menumpuk terlalu banyak ditandai dengan beberapa hal. Mulai dari sakit telinga, muncul suara berdengung, dan fungsi indra pendengaran sedikit menurun. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami kondisi lain yang lebih parah.

Misalnya, demam, pusing, cairan keluar dari telinga, telinga berbau tak sedap, rasa sakit yang tak kunjung hilang, dan lain-lain. Anda bisa membersihkan kotoran telinga dengan kombinasi alkohol dan cuka. Antimikroba dan antibakteri dalam bahan itu mampu membersihkan telinga dengan maksimal.

Selain itu, masih banyak bahan alami lain yang bisa Anda gunakan. Express MD (expressmdcare.com) merekomendasikan Anda untuk memakai cuka apel, bawang putih, dan bahan-bahan yang lain supaya sakit telinga tak bertambah parah.

Baca Juga: 6 Manfaat cuka apel yang sudah terbukti untuk kesehatan

Cuka Apel

Cuka apel mengandung antibakteri dan antijamur yang efektif mencegah infeksi telinga. Cara membersihkan telinga dengan cuka apel cukup mudah. Pertama, campur cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama.

Celupkan kapas pada air cuka apel tersebut lalu letakkan kapas di telinga yang ingin Anda bersihkan. Diamkan selama lima menit kemudian lepaskan kapas dari telinga. Selanjutnya, berbaring dengan arah yang berlawanan supaya sisa cuka apel di telinga bisa kering.

Kemangi

Tahukah Anda bahwa kemangi bisa dimanfaatkan untuk membersihkan telinga? Pertama, tumbuk lima lembar daun kemangi supaya Anda bisa mengambil ekstraknya. Aplikasikan ekstrak tersebut pada telinga, tapi pastikan supaya tak masuk ke lubang telinga, ya.

Baca Juga: Luar biasa, 4 manfaat madu untuk wajah ini bisa Anda dapat

Bawang Putih

Cara membersihkan telinga bisa pakai bawang putih.

Mengutip dari Express MD Care, bawnag putih memiliki antimikroba yang bisa meredakan sakit telinga. Pertama, rebus beberapa siung bawang putih selama lima menit. Setelah itu, haluskan bawang putih dan tambahkan sedikit garam. Masukkan campuran itu dalam kain bersih lalu aplikasikan ke telinga.

Tea Tree Oil

Tea tree oil juga bisa Anda gunakan sebagai cara membersihkan telinga, lo. Selain mengandung antibakteri dan antimikroba, tea tree oil juga mengandung antivirus, antiseptik, dan kandungan lain yang baik untuk kesehatan telinga.

Selanjutnya: Mudah didapat! Ini 7 bahan alami pereda radang tenggorokan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru