Pakai daun kemangi, cek 4 rekomendasi obat demam ini

Selasa, 28 September 2021 | 08:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai daun kemangi, cek 4 rekomendasi obat demam ini

ILUSTRASI. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat demam adalah daun kemangi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Demam adalah mekanisme tubuh saat ada benda asing yang menginfeksi. Biasanya, demam terjadi ketika suhu tubuh lebih dari 37 derajat Celcius. Anda membutuhkan obat demam supaya kondisi kesehatan tidak memburuk.

Ada beragam gejala yang muncul saat Anda mengalami demam. Beberapa di antaranya adalah sakit kepala, nyeri otot, nafsu makan menurun, dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan, dan sedikit menggigil.

Nah, memanfaatkan bahan-bahan alami di bawah ini berguna untuk mengobati demam. Usahakan untuk mengonsumsinya secara teratur, ya. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak membutuhkan perawatan dokter.

Jika Anda sudah mengonsumsi bahan berikut dan demam tak kunjung hilang selama lebih dari tiga hari, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan, memberikan diagnosa, dan menyarankan obat dan bentuk perawatan lain sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bawang Putih

NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa terdapat banyak antibakteri dan antijamur dalam bawang putih. Supaya demam bisa turun lebih cepat, Anda perlu minum segelas air yang dicampur dengan satu bawang putih. Minum sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Tidak harus operasi, ini 7 cara mengobati amandel

Anggur

Apakah Anda suka makan anggur? Jenis buah itu termasuk dalam daftar obat demam, lo. Alasannya karena kandungan dalam anggur memberikan efek dingin dalam tubuh. Supaya efeknya lebih terasa, Anda bisa mengombinasikan anggur dengan bahan alami yang lain, misalnya kunyit.

Daun Kemangi

Daun kemangi adalah obat herbal demam selanjutnya yang tak kalah efektif. Bahkan, NDTV Food mengatakan bahwa daun kemangi sama efektifnya dengan obat antibiotik lain yang dijual di apotek.

Anda perlu merebus 20 lembar daun kemangi terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menambahkan 1 sdt jahe yang telah dihaluskan. Setelah disaring, minum air rebusan tersebut dua hingga tiga kali dalam sehari. Tambahkan madu supaya terasa lebih lezat.

Baca Juga: Mengobati gangguan lambung sampai asam urat, ini manfaat merica untuk kesehatan

Jahe

Selain daun kemangi, masih banyak bahan alami lain yang dapat dijadikan obat demam, misalnya jahe.

Bahan alami lainnya yang bisa Anda jadikan obat demam adalah jahe. Sama seperti bahan yang lain, jahe mengandung antibakteri, antivirus, dan nutrisi lain yang bisa menyembuhkan demam. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi jahe.

Pertama, minum air rebusan jahe tiga hingga empat kali dalam sehari. Kedua, campur 1.5 sdt jahe yang telah diparut dengan 1 sdt air perasan lemon dan 1 sdm madu. Konsumsi campuran itu sebanyak tiga kali dalam satu hari.

Selanjutnya: Ini 4 Makanan yang cocok dijadikan obat penurun panas

Editor: Belladina Biananda
Terbaru