Ini 4 Makanan yang cocok dijadikan obat penurun panas

Sabtu, 25 September 2021 | 11:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 Makanan yang cocok dijadikan obat penurun panas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski umum terjadi, bukan berarti Anda bisa mengabaikan suhu tubuh tinggi. Obat penurun panas pun perlu Anda konsumsi supaya kondisi kesehatan tak memburuk.

Sebenarnya, suhu tubuh tinggi merupakan hal baik karena bisa jadi tanda sistem imun tubuh bekerja maksimal untuk melawan infeksi. Sayangnya, suhu tubuh tinggi yang terus dibiarkan bisa memicu masalah kesehatan lain yang lebih parah.

Perlu diingat bahwa mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini bersifat pelengkap, ya. Tetap periksakan diri ke dokter apabila suhu tubuh tak kunjung turun. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda tak memburuk.

Buah Beri

Melansir Eatthis.com, buah beri bisa dimanfaatkan untuk menurunkan suhu tubuh tinggi. Bukan tanpa alasan, buah beri, seperti stroberi atau bluberi, mengandung banyak serat dan vitamin C. Nutrisi itu mampu meningkatkan sistem imun sehingga tubuh lebih kuat melawan infeksi penyakit.

Baca Juga: Cara Tepat Menangani Demam pada Anak-Anak

Sup Ayam

Sup ayam juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat penurun panas, lo. Bahan-bahan alami yang dipakai untuk membuat sup ayam membuat jenis makanan itu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan penyakit.

Selain itu, sup ayam bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan sehingga dehidrasi pun dapat Anda hindari. Tidak berhenti sampai di situ, sup ayam mampu memberikan energi pada tubuh yang menyebabkan kesehatan tubuh membaik.

Mangga

Mangga bisa Anda manfaatkan sebagai obat penurun panas.

Apakah Anda gemar makan mangga? Ternyata, jenis buah itu cocok digunakan sebagai obat penurun panas, lo. Selain mengandung banyak vitamin C, mangga juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Kandungan dalam mangga juga membuat jenis buah itu lebih mudah untuk dicerna dalam tubuh.

Baca Juga: 4 Makanan dan minuman yang bisa membantu meredakan nyeri sendi

Kembang Kol

Seperti yang telah dikatakan, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mudah dicerna saat sakit. Dengan begitu, suhu tubuh tinggi dan kondisi kesehatan lain dapat sembuh lebih cepat. Nah, kembang kol termasuk jenis makanan lain yang mudah untuk dicerna.

Bukan tanpa alasan, kembang kol memiliki kandungan insoluble fibre. Tak hanya meningkatkan sistem imun tubuh, kandungan itu membuat feses lebih mudah dikeluarkan sehingga infeksi virus dapat teratasi dengan baik.

Selanjutnya: 9 Makanan ini bisa turunkan asam lambung, baik dikonsumsi!

Editor: Belladina Biananda
Terbaru