4 Makanan dan minuman yang bisa membantu meredakan nyeri sendi

Selasa, 10 Agustus 2021 | 13:46 WIB Sumber: Kompas.com
4 Makanan dan minuman yang bisa membantu meredakan nyeri sendi

ILUSTRASI. Teh hijau

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meredakan nyeri sendi tidak selalu dengan mengonsumsi obat-obatan. Berikut makanan dan minuman yang bisa membantu meredakan nyeri sendi.  

Apa yang kita makan bisa meringankan atau bahkan menyembuhkan suatu penyakit. 

Baca Juga: Catat! Ini makanan dan minuman yang buruk untuk kesehatan tulang

Bagi Anda yang mengalami artritis, mengonsumsi makanan mengandung antioksidan, antiinflamasi, dan analgesik bisa membantu mengatasinya. 

Artritis bisa memicu rasa sakit dan kaku pada sendi. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan pembengkakan, kemerahan dan mengurangi rentang gerak. 

Kabar baiknya, ahli diet dari Cleveland Clinic mengatakan, ada beberapa jenis makanan yang bisa meringankan bahkan menyembuhkan gejala artritis. 

"Para ilmuwan telah menemukan makanan tertentu dapat mengurangi peradangan dan nyeri yang berhubungan dengan arthritis,” Dunn. 

Berikut makanan yang bisa mengurangi rasa sakit akibat artritis: 

1. Teh hijau 

Teh hijau dikenal tinggi nutrisi dan antioksidan serta memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan. 

Studi yang dilakukan pada hewan juga menemukan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi gejala rheumatoid arthritis. 

"Untuk mendapatkan manfaatnya, usahakan mengonsumsinya dua porsi sehari, baik panas atau dingin," ucap Dunn. 

2. Sayuran 

Beberapa jenis sayuran seperti kembang kil, kubis, jamur, dan brokoli mengandung anti-inflamasi yang tinggi. 

Itu sebabnya, kita disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran. Mengonsumsi sayuran memang tidak akan memberi manfaat instan. 

Namun, cara ini akan memperbaiki kondisi persendian secara perlahan. 

3. Canola dan minyak zaitun 

Canola dan minyak zaitun mengandung omega 3dan omega enam yang seimbang. 

Omega 3 dan omega 6 merupakan asal lemak esensial yang memiliki sifat antiinflamasi, yang juga baik untuk kesehatan jatung. 

4. Kacang 

Semua jenis kacang tinggi protein, rendah lemak jenuh dan tidak mengandung kolesterol. 

Mengonsumsi seperempat cangkir kacang dapat membantu menghindari peradangan yang bis memicu artritis. 

“Berbeda dengan daging, kacang-kacangan juga merupakan sumber serat yang baik. (Ariska Puspita Anggraini) 

Baca Juga: Baik untuk kesehatan tulang, ini manfaat jus mentimun untuk kesehatan

Selanjutnya: 5 Ramuan herbal penurun asam urat tinggi yang bisa dibuat sendiri di rumah

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Jenis Makanan untuk Mengatasi Nyeri Sendi (Arthritis)",

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru