Kesehatan Umum

5 cara menghilangkan sakit kepala tanpa obat

Rabu, 09 September 2020 | 12:40 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 cara menghilangkan sakit kepala tanpa obat

ILUSTRASI. Cara menghilangkan sakit kepala bisa menggunakan bahan alami, misalnya, jahe.

KONTAN.CO.ID - Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala. Tapi, Anda tak perlu obat untuk menghilangkan sakit kepala yang mengganggu.

Anda tak perlu khawatir jika sedang mengalaminya karena cara menghilangkan sakit kepala cukup mudah. Berikut 5 cara menghilangkan sakit kepala tanpa obat:

1. Jahe

Melansir dari Web MD, cara menghilangkan sakit kepala menggunakan jahe sama efektifnya dengan memakai obat yang diresepkan dokter. Ada banyak cara menghilangkan sakit kepala dengan jahe, salah satunya adalah meminumnya dalam bentuk teh.

2. Pijat

Sakit kepala bisa disebabkan karena stres yang tak terkelola dengan baik. Cara menghilangkan sakit kepala akibat stres adalah dengan memijat bagian leher dan pelipis selama beberapa menit. Pijatan di area tersebut mampu meredakan tekanan dari sakit kepala.

Baca Juga: Terganggu karena vertigo? 5 Obat vertigo alami ini bisa jadi jawabannya

3. Relaksasi

Dikutip dari Web MD, melakukan kegiatan relaksasi mampu jadi cara menghilangkan sakit kepala. Ada banyak hal yang digunakan untuk merelaksasi tubuh dan pikiran.

Kegiatan relaksasi bisa berupa yoga, meditasi, melakukan hobi yang disukai, dan lain sebagainya. Anda bisa berkonsultasi pada dokter tentang terapi fisik yang perlu Anda jalani. Apalagi jika otot di bagian leher sering menegang.

4. Kafein

Cara menghilangkan sakit kepala bisa dengan konsumsi kafein. Beberapa contoh minuman yang mengandung kafein adalah teh dan kopi.

Kafein dapat memaksimalkan kinerja obat sakit kepala. Contohnya, acetaminophen. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya berlebihan karena justru memperparah sakit kepala.

Baca Juga: Penyebab sakit kepala yang perlu Anda waspadai

Editor: Belladina Biananda


Terbaru