Kesehatan Umum

Penyebab sakit kepala yang perlu Anda waspadai

Sabtu, 05 September 2020 | 12:20 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Penyebab sakit kepala yang perlu Anda waspadai

KONTAN.CO.ID - Ada banyak penyebab sakit kepala yang dirasakan seseorang. Setelah rasa sakit berhenti, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar terhindar dari rasa sakit yang sama di kemudian hari.

Kondisi lingkungan, kebiasaan makan, atau aktivitas tertentu bisa jadi penyebab sakit kepala.

Melansir Harvard Health Publishing, sakit kepala yang sering terjadi adalah sakit kepala tegang, sakit kepala akibat sinusitis, dan sakit kepala sebelah atau migrain. Sakit kepala tegang terjadi saat otot di kepala dan leher menegang.

Harvard Health Publishing mengatakan, penyebab otot menjadi tegang tidak bisa ditentukan secara pasti. Ada banyak sekali faktor yang memicu terjadinya hal itu dan setiap orang mengalami faktor yang berbeda-beda.

Biasanya, penyebab sakit kepala tegang karena beberapa hal. Mulai dari stres, kurang tidur, kelelahan, lapar, kafein, perubahan cuaca, hingga makanan atau minuman tertentu.

Baca Juga: 3 obat sakit kepala yang manjur dan mudah untuk dilakukan

Menurut Harvard Health Publishing, penyebab sakit kepala lebih banyak karena stres, kurang tidur, dan lapar. Sedang penyebab sakit kepala migrain lebih sulit untuk dikenali lantaran lebih banyak faktor dan kombinasi faktor penyebab.

Beberapa hal yang berpotensi jadi penyebab sakit kepala migrain adalah mencium aroma tertentu, berada di lingkungan penuh asap rokok, alkohol, perubahan hormon, dan makanan tertentu.

Penyebab sakit kepala yang lebih serius

Sakit kepala biasanya jadi salah satu gejala penyakit lainnya. Misalnya, pusing jadi gejala bahwa tekanan darah tubuh Anda tinggi.

Darah tinggi jadi salah satu tanda penyakit jantung atau stroke. Jadi, kalau Anda sering sakit kepala dan tekanan darah tinggi, segera periksakan diri ke dokter.

Harvard Health Publishing menyebutkan, penyebab sakit kepala juga dibarengi dengan kondisi tubuh yang lain, seperti pendarahan, infeksi, bahkan tumor. Jadi, Anda harus selalu waspada pada penyebab sakit kepala agar kondisi Anda tak semakin parah.

Baca Juga: Ini langkah sederhana untuk mengobati sakit kepal

Cara mencegah penyebab sakit kepala

Cara termudah untuk mencegah sakit kepala adalah menghindari penyebabnya. Itulah mengapa memperhatikan penyebab sakit kepala sangat penting.

Harvard Health Publishing merekomendasikan, agar Anda mencatat beberapa hal penting terkait penyebab sakit kepala. Anda perlu mencatat faktor pemicu, tipe sakit kepala, frekuensi, intensitas, dan berapa lama sakit kepala berlangsung, dan kondisi lingkungan.

Kondisi lingkungan yang dimaksud adalah obat yang sedang Anda konsumsi, makanan yang Anda konsumsi, pola tidur, aktivitas, siklus datang bulan, dan lain-lain.

Selanjutnya: Suka minum kopi? Ini waktu terbaik untuk minum kopi agar tubuh tetap sehat

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru