3 obat sakit kepala yang manjur dan mudah untuk dilakukan

Selasa, 11 Agustus 2020 | 14:38 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 obat sakit kepala yang manjur dan mudah untuk dilakukan

ILUSTRASI. Obat sakit kepala bisa Anda gunakan agar rasa sakit tidak jadi parah. KONTAN/Muradi/01/08/2010


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Obat sakit kepala diperlukan agar sakit yang Anda rasakan tidak lebih parah. Selain menggunakan obat dari dokter, ada obat lain yang bisa meredakan sakit kepala, lo. Namun, Anda harus mengetahui dulu penyebab sakit kepala agar bisa memilih penanganan yang tepat.

Mengutip dari Insider.com, ada 4 jenis sakit kepala yang biasanya dirasakan seseorang. Tension headache adalah jenis sakit kepala yang sering terjadi. Umumnya, sakit kepala ini disebabkan oleh stres dan terasa di daerah kening.

Migrain adalah jenis sakit kepala lain yang sering muncul. Sakit kepala ini ditandai dengan rasa sakit di salah satu sisi kepala saja. Migrain bisa disebabkan karena stres atau stimulus kuat yang ada di sekitar Anda, seperti bau menyengat atau cahaya yang terlalu terang.

Cluster headache dan sakit kepala sinus adalah jenis lain yang mungkin Anda rasakan. Cluster headache biasanya terasa di bagian belakang telinga. Sedangkan sakit kepala sinus menandakan adanya masalah yang terjadi di rongga hidung.

Insider juga menyebutkan beberapa obat sakit kepala yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Contohnya, menggunakan kompres, melakukan relaksasi, dan menghindari dehidrasi.

Baca Juga: Manfaat lavender essential oil, bisa obati insomnia

Gunakan Kompres Dingin atau Panas

Obat sakit kepala migrain bisa Anda dapat dengan menggunakan kompres dingin. Kompres ini memiliki efek mati rasa yang bisa meredakan rasa sakit. Selain itu, suhu dingin juga bisa membuat pembuluh darah mengerut sehingga migrain bisa hilang.

Untuk tension headache, obat sakit kepala yang tepat adalah menggunakan kompres air panas. Stres menjadi penyebab utama sakit kepala ini. Maka dari itu, membuat otot leher dan pundak rileks bisa meredakan rasa sakit yang Anda rasakan.

Teknik Relaksasi

Obat sakit kepala selanjutnya yang disebutkan Insider adalah dengan melakukan tejnik-teknik relaksasi. Anda bisa melakukan meditasi, yoga, atau latihan pernapasan untuk membuat sakit kepala reda.

Baca Juga: Cara mengatasi sakit maag dengan tiga bahan alami

Yoga atau meditasi adalah kegiatan yang biasanya cukup ampuh sebagai obat sakit kepala jenis tension headache dan migrain. Anda bisa belajar teknik relaksasi dari internet atau mencari guru yang agar lebih terpercaya.

Hindari Dehidrasi

Obat sakit kepala yang bisa Anda lakukan adalah jangan sampai membiarkan tubuh dehidrasi. Anda harus minum banyak air putih. Saat sakit kepala mulai muncul, minum air sebanyak 8-16 ons selama 2 hingga 3 jam sekali.

Hindari pula jenis minuman lain yang bisa membuat tubuh dehidrasi, seperti alkohol atau kopi. Insider menyebutkan bahwa kopi bisa menjadi obat sakit kepala. Namun, terlalu banyak kopi juga menyebabkan dehidrasi sehingga Anda bisa sakit kepala.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru