Kesehatan Umum

Manfaat lavender essential oil, bisa obati insomnia

Selasa, 11 Agustus 2020 | 13:15 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Manfaat lavender essential oil, bisa obati insomnia

ILUSTRASI. Insomnia bisa diatasi dengan memakai lavender essential oil.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lavender essential oil adalah salah satu aromaterapi yang ampuh. Jenis essential oil ini bisa Anda pakai untuk mengatasi kecemasan atau anxiety, insomnia, alergi, relaksasi, mual, hingga kram karena datang bulan.

Mengutip dari Very Well Mind (verywellmind.com), lavender essential oil sangat baik digunakan karena memiliki banyak kandungan bermanfaat. Lavender essential oil mengandung antiinflamasi, antijamur, antidepresan, antiseptik, antibakteri, dan lain sebagainya.

Anxiety

Very Well Mind menyebutkan bahwa anxiety atau kecemasan adalah salah satu hal yang sering diatasi menggunakan lavender essential oil. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak ini bisa mengurangi efek anxiety.

Baca Juga: 3 obat anemia alami yang mudah didapatkan

Sebuah penelitian Physiology and Behaviour pada 2005 menunjukkan bahwa aroma lavender bisa membuat kecemasan menurun. Penelitian ini melibatkan 200 orang yang sedang mengantre untuk mendapat perawatan dokter gigi.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice pada 2012 menunjukkan manfaat lavender essential oil untuk menurunkan kecemasan. Penelitian ini melibatkan 28 wanita yang baru saja melahirkan.

Wanita-wanita tersebut melakukan 15 menit sesi aromaterapi menggunakan lavender essential oil. Dalam sebulan, mereka melakukan sesi tersebut sebanyak delapan kali. Hasilnya, depresi postpartum atau depresi setelah melahirkan bisa berkurang.

Insomnia

Tak hanya bisa mengurangi kecemasan, Very Well Mind juga menyebut bahwa lavender essential oil bisa membantu seseorang yang mengalami insomnia. Lavender essential oil bisa membantu seseorang untuk segera tidur.

Baca Juga: 4 cara menghilangkan milia di dekat mata yang wajib dicoba

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Complementery Alternative Medicine pada 2015 menunjukkan bahwa lavender essential oil bisa meningkatkan kualitas teknik sleep hygiene. Sleep hygiene adalah teknik tidur sehat untuk meningkatkan kualitas tidur.

Penelitian tersebut melibatkan 79 siswa yang memiliki gangguan tidur. Selain membantu mengatasi insomnia, menghirup aroma lavender selama tidur juga bisa menambah energi di siang hari.

Meski Anda bisa mendapat manfaat dari lavender essential oil, tapi Anda tetap harus waspada terhadap efek sampingnya. Very Well Mind mengatakan bahwa minyak ini bisa menyebabkan iritasi atau alergi.
Jika Anda mengalami gejala mual, pusing, atau muntah setelah memakai lavender essential oil,  maka segera hentikan pemakaiannya. Anda juga perlu berkonsultasi pada dokter jika gejala tersebut semakin terasa parah.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru