Kesehatan Umum

Begini cara cepat tidur yang bisa penderita insomnia coba

Rabu, 08 Juli 2020 | 13:36 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Begini cara cepat tidur yang bisa penderita insomnia coba

ILUSTRASI. Salah satu cara cepat tidur untuk penderita insomnia adalah dengan tidak bermain gawai sebelum tidur.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidur menjadi aktivitas yang orang gunakan tubuh untuk mengistirahatkan tubuh. Sayang, tidak semua orang bisa punya waktu tidur berkualitas karena mengidap insomnia. 

Padahal, salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan memiliki waktu tidur berkualitas. Karena itu, cara cepat tidur pun selalu penderita insomnia cari.

Mengutip Sleepfoundation.org, ada beberapa hal yang bisa penderita insomnia lakukan sebagai cara cepat tidur. Sekitar 30 menit sebelum jadwal tidur, lakukanlah aktivitas yang membuat tubuh rileks, misalnya, dengan membaca buku.

Sumber penerangan juga bisa penderita insomnia atur agar tidak terlalu terang. Selain itu, jangan biasakan menonton layar gawai sebelum tidur. Cahaya yang terpancar bisa menstimulus otak untuk tetap terjaga sehingga semakin sulit tidur.

Baca Juga: Ini penyebab seseorang terkena insomnia

Penyebab insomnia

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang cara cepat tidur untuk penderita insomnia, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab seseorang mengalami insomnia. 

Melansir Lifehack.org, anxiety atau rasa cemas yang berlebihan menjadi salah satu penyebab mengapa insomnia semakin parah. Sebenarnya, semua orang memiliki rasa cemas. Namun, ketika rasa cemas tersebut terlalu besar, maka akan mengganggu kesehatan seseorang.

Insomnia yang tiap orang miliki berbeda. Ada yang sulit untuk tidur, ada pula yang sulit untuk tidur nyenyak.

Insomnia bisa berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, misalkan, mood atau perasaan yang terus berubah. Jika terus dibiarkan dan tidak ditangani dengan tepat, insomnia bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Baca Juga: Catat! Ini efek samping terlalu banyak minum kopi

Cara cepat tidur untuk penderita insomnia

Editor: Belladina Biananda


Terbaru