Kecantikan & Kebugaran

5 Cara mengatasi kulit kering, jangan cuma pakai pelembab

Selasa, 22 September 2020 | 10:49 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara mengatasi kulit kering, jangan cuma pakai pelembab

ILUSTRASI. Cara mengatasi kulit kering tak cukup hanya menggunakan pelembab. Ada hal lain yang perlu Anda perhatikan. Foto: Dok Emdee

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak masalah yang biasanya dialami oleh pemilik kulit kering. Beberapa di antaranya adalah kulit terlihat kusam dan terasa sangat kencang hingga membuat tidak nyaman. Cara mengatasi kulit kering tak cukup menggunakan pelembab saja, lo. Tips berikut ini juga perlu Anda perhatikan.

Pakai Air Hangat dan Perhatikan Pembersih Wajah

Sebaiknya, gunakan air hangat saat mandi atau mencuci wajah. Air yang terlalu panas akan menghilangkan minyak alami kulit sehingga kulit akan terasa semakin kering. Selain itu, perhatikan pula pembersih wajah yang Anda gunakan.

Loreal Paris USA mengatakan, sebaiknya kulit kering dibersihkan dengan micellar water. Produk pembersih kulit ini mengandung molekul minyak yang berfungsi mengangkat kotoran, minyak, dan sisa make up di wajah.

Bersihkan Sel Kulit Mati

Kulit yang terlihat kusam bisa disebabkan karena sel kulit mati yang menumpuk. Untuk mengatasi masalah itu, Anda perlu membersihkan sel kulit mati secara rutin. Anda bisa menggunakan produk perawatan yang mengandung scrub.

Baca Juga: Punya kulit kering? Ini cara mandi yang disarankan untuk menjaga kelembapan kulit

Frekuensi cara mengatasi kulit kering ini dapat Anda sesuaikan dengan kondisi kulit. Jika tak ada masalah apapun, Anda bisa membersihkan sel kulit mati sebanyak satu kali dalam satu minggu. Seiring berjalannya waktu, kulit kering akan terlihat lebih lembut dan cerah.

Pakai Pelembab

Pelembab merupakan barang wajib bagi pemilik kulit kering. Anda bisa menggunakannya setiap pagi dan malam setelah membersihkan kulit dari kotoran. Pastikan untuk mengaplikasikan pelembab saat kulit masih dalam keadaan lembab agar bisa berfungsi secara maksimal.

Lindungi dari Sinar Matahari

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya yang direkomendasikan Loreal Paris USA adalah menggunakan sunscreen. Berdasarkan Food and Drug Administration atau FDA, sebaiknya gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih setiap hari.

Baca Juga: 4 Pelembab wajah untuk kulit kering dari bahan alami

Jika kulit terpapar sinar matahari cukup lama, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen tersebut selama dua jam sekali. Meski demikian, usahakan untuk berada di tempat yang teduh agar kulit tak mengalami masalah.

Perhatikan Kondisi Bibir

Cara mengatasi kulit kering juga perlu dilakukan pada bibir agar lipstik bisa diaplikasikan dengan baik.

Cara mengatasi kulit kering juga perlu Anda lakukan pada bibir. Lipstik yang Anda gunakan akan terlihat kurang bagus saat diaplikasikan pada bibir kering sehingga mengganggu keseluruhan make up. Anda bisa mengaplikasikan lip balm atau lip conditioner lain terlebih dahulu untuk melembabkan bibir.

Selanjutnya: 3 Cara membuat masker kopi ini bisa buat wajah lebih cerah, lo

Editor: Belladina Biananda


Terbaru