kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,50   6,04   0.66%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya kulit kering? Ini cara mandi yang disarankan untuk menjaga kelembapan kulit


Jumat, 18 September 2020 / 15:34 WIB
Punya kulit kering? Ini cara mandi yang disarankan untuk menjaga kelembapan kulit


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Seberapa sering seseorang harus mandi biasanya tergantung pada usia. Orang tua, bayi dan anak kecil lebih rentan terhadap kulit kering. Sementara bagi kebanyakan orang yang memiliki kulit relatif normal, sering mandi bisa saja namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kulit tetap lembap. 

Dikutip dari The Guardian, Kathleen Suozzi, Asisten Profesor Dermatologi di Yale School of Medicine menulis bahwa kulit memiliki pelembap alami yakni senyawa seperti ceramide

Ceramide adalah lemak yang dihasilkan secara alami pada kulit. Ceramide dengan kolesterol dan free fatty acids, mengikat sel-sel kulit menjadi satu, membentuk lapisan pelindung yang menahan kelembapan. 

Hal itu membuat kulit menjadi kenyal, serta menjaga kulit dari bakteri dan ancaman-ancaman kulit lainnya. Sayangnya, sering mandi dapat mengikisnya dari kulit.  Lantas, bagaimana menjaga kelembapan kulit?

Baca Juga: 4 Bahan memutihkan wajah secara alami, plus cara pakainya

Aturan mandi agar kulit tidak kering

Cara menjaga kelembapan kulit, hindari mandi air panas dalam durasi waktu yang lama. Setelah mandi, oleskan krim pelembap saat kulit Anda masih lembap, untuk mengunci kelembapan itu. 

Hal itu lebih baik dilakukan daripada mengeringkan tubuh secara menyeluruh lalu mengoleskan krim. Jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari sabun dengan pewangi yang tinggi, yang mengandung bahan tambahan yang dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. 

Baca Juga: Wajib coba, inilah 3 cara menghilangkan bruntusan di wajah

Pilih merek yang diformulasikan untuk jenis kulit Anda. Selain itu, tidak perlu menggosok seluruh tubuh kecuali Anda benar-benar kotor. 

Air sabun akan mengalir di kaki dan sela-sela jari Anda. Tetapi daerah tungkai atas dan selangkangan harus dicuci secara teratur, karena dapat rentan terkena patogen atau bakteri.

Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan produk scrub pada kulit lantaran bisa menyebabkan lecet mikro yang traumatis pada kulit. 

Selanjutnya: 3 Cara membuat masker kopi ini bisa buat wajah lebih cerah, lo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×