Kesehatan Umum

Wajib coba, inilah 3 cara menghilangkan bruntusan di wajah

Selasa, 15 September 2020 | 08:57 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Wajib coba, inilah 3 cara menghilangkan bruntusan di wajah

ILUSTRASI. Cara menghilangkan bruntusan di wajah perlu segera dilakukan agar tak mengganggu penampilan. Foto: Dok Emdee


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara menghilangkan bruntusan di wajah bisa dilakukan menggunakan beberapa langkah. Mulai dari memperhatikan cara membersihkan wajah, memilih pelembab, dan lain sebagainya. Jika tak segera dilakukan, bruntusan bisa mengganggu penampilan.

Bruntusan muncul karena pori-pori kulit yang tersumbat. Sebum, minyak alami yang diproduksi di kulit, bercampur dengan sel kulit mati dan kotoran sehingga membuat masalah pada pori-pori. Bruntusan biasanya muncul di jidat, pipi, hidung, dan dagu.

Mengutip dari Cocokind, munculnya bruntusan biasanya dikaitkan dengan gaya hidup, stres, dan perubahan hormon. Cara menghilangkan bruntusan di wajah bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut.

Teknik Membersihkan Wajah

Cara menghilangkan bruntusan di wajah yang pertama adalah dengan memperbaiki teknik membersihkan wajah Anda. Cocokind mengatakan bahwa lebih baik menggunakan sabun cuci muka yang berbahan dasar minyak.

Baca Juga: Cara menghilangkan bruntusan di dahi ini perlu Anda coba

Sabun cuci muka itu bisa membersihkan minyak yang menyumbat pori-pori dengan lebih baik. Jika Anda tak suka sabun cuci muka berbahan dasar minyak, Anda bisa menggantinya dengan sabun cuci muka minyak-susu (oil to milk cleanser). Jenis sabun cuci muka ini lebih mudah untuk dibersihkan.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah sebaiknya menhindari foaming-based cleanser karena bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kering. Saat kulit wajah kering, kulit akan berusaha memproduksi minyak lebih banyak. Hal itu bisa memperparah kondisi bruntusan di wajah Anda.

Selain memilih sabun cuci muka yang tepat, jangan lupa untuk melakukan double cleansing. Hal ini dilakukan agar kulit benar-benar bersih. Namun, jangan melakukan double skin terlalu sering, ya. Anda cukup melakukan double cleansing sekali dalam sehari, yaitu di malam hari.

Baca Juga: Ini tiga cream mask buat basmi bruntusan di wajah, jangan salah pilih ya!

Pilih Pelembab

Cara menghilangkan bruntusan di wajah juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan pelembab. Saat berusaha menghilangkan bruntusan di wajah, sebisa mungkin hindari produk perawatan yang terlalu berat. Menggunakan pelembab bisa dijadikan opsi agar kulit tetap sehat tanpa menimbulkan masalah baru.

Hindari Pakai Make Up

Tak memakai make up selama sehari penuh bisa jadi cara menghilangkan bruntusan di wajah, lo. Make up yang terlalu tebal bisa membuat minyak berlebih dan kotoran tersumbat dalam pori-pori. Jika Anda memang tak bisa meninggalkan make up, cobalah untuk menggunakan make up natural agar kondisi kulit tak semakin parah.

Selanjutnya: 4 Pelembab wajah untuk kulit kering dari bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru