kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Mencegah Asam Urat Naik yang Wajib Diketahui, Sayang Dilewatkan!


Selasa, 18 April 2023 / 12:42 WIB
5 Cara Mencegah Asam Urat Naik yang Wajib Diketahui, Sayang Dilewatkan!
ILUSTRASI. Cara mencegah asam urat naik.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak cara mencegah asam urat naik yang wajib diketahui dan sayang dilewatkan. Sehingga, cara mencegah asam urat naik tersebut sangat cocok dijadikan alternatif dan pilihan.

Penderita asam urat  juga biasanya akan merasakan nyeri yang berlebihan di area persendian. Bahkan, jika asam urat sudah parah akan terjadi pembengkakan hingga susah untuk berjalan.

Asam urat adalah kondisi peradangan yang menyakitkan yang disebabkan oleh pembentukan kristal asam urat di persendian. Juga dikenal sebagai artritis gout, kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan paling sering dimulai pada jempol kaki.

Baca Juga: Ayo Kenali 5 Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Jika kondisi penyakit asam urat Anda semakin parah segeralah untuk pergi ke dokter karena berisiko juga merusak ginjal. 

Melansir dari Very Well Health, ada beberapa cara mencegah asam urat yang bisa Anda ketahui. 

1. Merubah Pola Makan 

Untuk orang dengan kadar asam urat yang sedikit meningkat, perubahan pola makan mungkin diperlukan untuk mencegah asam urat. Menghindari dan membatasi makanan yang tinggi purin dapat sangat mengurangi risiko asam urat.

Baca Juga: 5 Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

2. Batasi Asupan Alkohol

Cara mencegah asam urat selanjutnya adalah dengan menjaga atau menghindari minuman beralkohol. Selain berisiko meningkatkan asam urat, membatasi asupn alkohol juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan berpotensi mengurangi risiko asam urat karena mengurangi kadar asam urat rata-rata seseorang. Selain itu, penurunan berat badan dari operasi bariatrik dan perubahan pola makan menghasilkan hasil positif bagi orang yang berisiko asam urat.

Baca Juga: 6 Penyebab Vertigo yang Membahayakan Kesehatan, Yuk Catat!

4. Manajemen Stres

Bagi sebagian orang, stres bisa memicu serangan asam urat. Itu karena tingkat stres dan kecemasan yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan kadar asam urat. 

Mengambil tindakan untuk mengelola stres Anda juga dapat mendukung keadaan pikiran yang lebih tenang dan mengurangi peradangan yang terkait dengan stres.

Baca Juga: Ayo Kenali 5 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

5. Minum Air Putih

Air memainkan peran penting dalam mencegah serangan asam urat karena membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh dan mencegah penumpukan kristal. Penelitian telah menunjukkan bahwa keringat akibat olahraga mengurangi ekskresi asam urat dan menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Demikian beberapa cara mencegah asam urat yang bisa Anda lakukan dengan mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×