5 Cara Efektif Menghilangkan Lemak Perut, Cukup Banyak Tidur Nyenyak

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:09 WIB Sumber: Healthline,Healthline
5 Cara Efektif Menghilangkan Lemak Perut, Cukup Banyak Tidur Nyenyak

ILUSTRASI. Cara efektif menghilangkan lemak perut berdasarkan penelitian.


KONTAN.CO.ID - Lemak perut lebih dari sekadar gangguan yang membuat pakaian Anda terasa sesak. Kondisi ini juga sangat berbahaya. Tapi tenang, ada cara efektif menghilangkan lemak perut berdasarkan penelitian.

Salah satu jenis lemak perut, disebut sebagai lemak visceral, merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi lainnya.

Banyak organisasi kesehatan menggunakan indeks massa tubuh (BMI) untuk mengklasifikasikan berat badan dan memprediksikan risiko penyakit metabolik.

Namun, ini menyesatkan, karena orang dengan lemak perut berlebih memiliki risiko yang lebih tinggi meskipun mereka terlihat kurus.

Meskipun menghilangkan lemak dari area ini bisa jadi sulit, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kelebihan lemak perut.

Mengutip Healthline, berikut cara efektif untuk menghilangkan lemak perut, mengacu studi ilmiah:

Baca Juga: Diet Nasi Efektif Menurunkan Berat Badan, Begini Cara Kerjanya

1. Makan banyak serat larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan Anda.

Studi menunjukkan, jenis serat ini meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu Anda merasa kenyang. Sehingga, Anda secara alami makan lebih sedikit. 

Ini juga bisa mengurangi jumlah kalori yang tubuh Anda serap dari makanan. Terlebih lagi, serat larut dapat membantu melawan lemak perut.

Sebuah studi observasional pada lebih dari 1.100 orang dewasa menemukan, untuk setiap peningkatan 10 gram asupan serat larut, penambahan lemak perut menurun 3,7% selama periode 5 tahun.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari. Sumber serat larut yang sangat baik meliputi:

  • biji rami
  • mi shirataki
  • kubis Brussel
  • alpukat
  • polong-polongan
  • Blackberry

Baca Juga: Bisa Anda Coba, Ini 3 Daun yang Terbukti Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

2. Makan makanan berprotein tinggi

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk manajemen berat badan. Asupan protein yang tinggi meningkatkan pelepasan hormon kenyang PYY, yang menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Protein juga meningkatkan tingkat metabolisme Anda dan membantu mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Banyak penelitian observasional menunjukkan, orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut dibanding mereka yang makan diet rendah protein.

Pastikan untuk memasukkan sumber protein yang baik setiap kali makan, seperti:

  • daging
  • ikan
  • telur
  • produk susu
  • protein whey
  • kacang polong

Baca Juga: Simple! Ini 6 Jenis Olahraga yang Efektif Menghilangkan Lemak Perut

3. Usahakan banyak tidur nyenyak

Tidur penting untuk banyak aspek kesehatan Anda, termasuk berat badan. Studi menunjukkan, orang yang kurang tidur cenderung menambah berat badan, yang mungkin termasuk lemak perut.

Sebuah studi 16 tahun yang melibatkan lebih dari 68.000 wanita menemukan, mereka yang tidur kurang dari 5 jam per malam secara signifikan lebih mungkin untuk menambah berat badan dibanding yang tidur 7 jam atau lebih per malam.

Kondisi yang dikenal sebagai sleep apnea, di mana pernapasan berhenti sebentar-sebentar di malam hari, juga dikaitkan dengan kelebihan lemak visceral.

Selain tidur minimal 7 jam per malam, pastikan Anda mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

Jika Anda menduga menderita sleep apnea atau gangguan tidur lainnya, bicarakan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan.

Baca Juga: Ingin Lemak Perut Hilang dan Berat Badan Turun? Lakukan 5 Aktivitas ini

4. Minum teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang sangat sehat. Ini mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG), yang keduanya tampaknya meningkatkan metabolisme.

EGCG adalah katekin, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu Anda menghilangkan lemak perut. Efeknya dapat diperkuat ketika konsumsi teh hijau dikombinasikan dengan olahraga.

5. Kurangi tingkat stres Anda

Stres bisa membuat Anda bertambah gemuk dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Penelitian menunjukkan, kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut.

Terlebih lagi, wanita yang sudah memiliki pinggang besar cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres. Peningkatan kortisol semakin menambah penambahan lemak di sekitar bagian tengah.

Untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan aktivitas menyenangkan yang menghilangkan stres. Berlatih yoga atau meditasi bisa menjadi metode yang efektif.

Itulah cara efektif menghilangkan lemak perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru