Bisa Anda Coba, Ini 3 Daun yang Terbukti Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Senin, 20 Juni 2022 | 12:11 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Bisa Anda Coba, Ini 3 Daun yang Terbukti Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Beberapa daun terbukti menurunkan gula darah.


KONTAN.CO.ID - Makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah menjadi tambahan yang baik untuk diet untuk penderita diabetes. Mengacu penelitian, beberapa daun terbukti menurunkan gula darah, lo.

Melansir Healthline, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada 2030, diabetes akan menjadi pembunuh terbesar ketujuh di dunia. 

Diabetes adalah penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah atau gula darah. Diabetes membutuhkan perawatan dan perhatian medis khusus. 

Kesalahan diagnosis atau kurangnya kesadaran tentang kondisi ini seringkali bisa menyebabkan konsekuensi serius, seperti obesitas, kerusakan ginjal, dan penyakit kardiovaskular. 

Diet memainkan peran penting dalam mengelola diabetes. Diet diabetes yang ideal harus merupakan campuran seimbang dari makanan berserat tinggi, karbohidrat kompleks, dan protein. 

Baca Juga: 4 Sayur Ini Terbukti Menurunkan Gula Darah, Pas bagi Penderita Diabetes

Ternyata, memasukkan sayuran hijau dan berdaun dalam diet Anda bisa melakukan keajaiban dalam menjaga bahkan menurunkan kadar gula darah.

Menurut sebuah penelitian oleh University of Leicester beberapa tahun yang lalu, orang yang menambahkan lebih banyak sayuran berdaun hijau ke dalam makanan mereka, terbukti mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. 

Studi tersebut mengungkapkan, makan satu setengah porsi sayuran berdaun hijau per hari mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 14%.

Nah, berikut ini daun yang terbukti bisa menurunkan gula darah penderita diabetes:.

1. Kale

Kale sering digambarkan sebagai "makanan super", dikemas dengan senyawa yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah, termasuk serat dan antioksidan flavonoid.  

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian yang melibatkan 42 orang dewasa Jepang menunjukkan, mengonsumsi 7 atau 14 gram makanan yang mengandung kale dengan makanan berkarbohidrat tinggi secara signifikan menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Penelitian juga memperlihatkan, antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam kale, termasuk quercetin dan kaempferol, memiliki efek penurun gula darah dan sensitivitas insulin yang kuat. 

Baca Juga: 3 Bumbu Dapur Ini Terbukti Efektif Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

2. Mangga
 
Dikutip dari NDTV, salah satu obat diabetes yang bisa mengontrol dan menurunkan kadar gula darah adalah daun mangga. Daun mangga sarat dengan khasiat yang bisa membantu Anda mengelola diabetes. 

Mengendalikan kadar gula darah juga dapat membantu Anda mencegah komplikasi diabetes. Nah, daun mangga bisa berkontribusi pada penurunan kadar gula darah. 

Berbagai penelitian juga menyoroti manfaat daun mangga dalam mengelola diabetes dengan menurunkan kadar gula darah. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan seberapa jauh daun mangga bermanfaat.

"Ekstrak daun mangga (mangiferin) memiliki kemampuan untuk menghambat enzim alfa glukosidase, yang membantu mengurangi metabolisme karbohidrat di usus, dan karenanya menurunkan kadar glukosa darah," kata Dr. Mahesh DM, konsultan endokrinologi Rumahsakit Aster CMI, India. 

Hanya, "Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui dosis yang tepat dari ekstrak daun," imbuh dia.

Selain itu, daun mangga memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi insulin dan distribusi glukosa. Sehingga, bisa membantu menstabilkan kadar gula darah. 

Daun mangga juga sarat dengan pektin, vitamin C, dan serat. Bersama-sama, daun mangga bermanfaat untuk diabetes dan kolesterol.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Cocok untuk Penderita Diabetes

3. Jambu biji

Komposisi nutrisi unik jambu biji menjadikannya makanan yang sangat baik untuk diet diabetes. Daun jambu biji digunakan sebagai teh herbal dan ekstrak sebagai suplemen.

Mengutip Healthline, sejumlah bukti menunjukkan, daun jambu biji bisa meningkatkan kontrol gula darah.

Beberapa penelitian tabung dan hewan menemukan, ekstrak daun jambu biji meningkatkan kontrol gula darah dalam jangka panjang dan resistensi insulin.

Ini adalah kabar baik bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko menderita penyakit itu.

Beberapa penelitian yang melibatkan manusia juga menunjukkan hasil yang mengesankan.

Satu studi pada 19 orang mencatat, minum teh daun jambu biji menurunkan kadar gula darah setelah makan. Efeknya bertahan hingga dua jam.

Studi lain pada 20 orang dengan diabetes tipe 2 menemukan, minum teh daun jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan lebih dari 10%.

Itulah daun yang terbukti bisa menurunkan gula darah penderita diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru