4 Penyebab nyeri punggung bawah beserta faktor risikonya

Senin, 27 September 2021 | 11:51 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab nyeri punggung bawah beserta faktor risikonya

ILUSTRASI. Nyeri punggung bawah dapat terjadi karena banyak faktor.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nyeri punggung bawah sering dialami oleh banyak orang. Meski bisa sembuh dengan sendirinya, bukan berarti Anda bisa mengabaikan rasa sakit yang muncul, ya. Tak hanya rasa sakit, ada gejala lain yang dapat Anda alami saat bagian punggung bawah bermasalah.

Melansir Mayo Clinic (mayoclinic.org), punggung bawah yang terasa sakit bisa dibarengi dengan munculnya sensasi terbakar. Seiring berjalannya waktu, rasa sakit tersebut dapat menjalar ke bagian tubuh yang lain, seperti kaki.

Rasa sakit juga lebih terasa saat membungkuk, berjalan, berdiri, atau berada di posisi tubuh tertentu. Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter apabila kondisi yang Anda alami semakin parah.

Mulai dari kedua kaki terasa mati rasa, rasa nyeri tak hilang dalam jangka waktu lama, hingga berat badan yang berkurang. Biasanya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan. Nantinya, perawatan yang Anda butuhkan disesuaikan dengan penyebab-penyebabnya.

Baca Juga: 5 Obat kencing batu ini berasal dari bahan-bahan alami

Otot Tegang

Otot tegang merupakan penyebab nyeri punggung bawah yang sering terjadi. Umumnya, otot menegang karena Anda mengangkat beban yang terlalu berat, posisi tubuh yang kurang benar saat melakukan suatu hal, dan lain sebagainya.

Artritis

Artritis adalah salah satu penyakit yang dapat menimbulkan rasa sakit di punggung bawah. Apabila terus dibiarkan dan tak mendapat perawatan yang tepat, artritis dapat mempersempit sumsum tulang belakang. Akibatnya, kondisi yang Anda alami bisa semakin parah.

Disk yang Pecah

Disk atau bantalan tulang rawan di bagian tulang belakang dapat mengembung hingga akhirnya pecah. Sebelum pecah, pembengkakan yang terjadi dapat menekan sistem saraf di sekitarnya. Nah, hal itulah yang menimbulkan rasa sakit di punggung bawah Anda.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal, jangan Anda abaikan

Osteoporosis

Osteoporosis termasuk salah satu hal yang jadi penyebab nyeri punggung bawah.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa osteoporosis merupakan faktor lain yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah. Tulang yang rapuh terus-menerus bisa patah sehingga menimbulkan rasa sakit.

Faktor Risiko

Selain mewaspadai penyebab-penyebab yang telah disebutkan, ada beberapa faktor yang perlu Anda waspadai untuk menghindari rasa sakit di punggung bawah. Faktor yang dimaksud adalah berat badan berlebih, kebiasaan merokok, aktivitas fisik yang terlalu sedikit, dan kondisi psikologis.

Usia tua dan penyakit lain yang Anda alami juga dapat meningkatkan risiko nyeri punggung. Untuk mendapat perawatan yang tepat sedini mungkin, cobalah untuk melakukan cek kesehatan rutin.

Selanjutnya: Waspadai ciri-ciri kanker serviks, jangan abaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru