Waspadai ciri-ciri kanker serviks, jangan abaikan

Kamis, 23 September 2021 | 15:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspadai ciri-ciri kanker serviks, jangan abaikan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang bisa dialami oleh wanita. Memerhatikan ciri-ciri kanker serviks perlu Anda lakukan. Tujuannya supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Cancer Treatment Centers of America (cancercenter.com) menyebutkan bahwa lebih dari 90% kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV atau human papillomavirus. Lebih dari 1/3 wanita yang terdiagnosa kanker serviks berusia di antara 20-44 tahun.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks. Mulai dari efek jangka panjang pil KB, hamil sebelum berusia 20 tahun, riwayat kesehatan anggota keluarga, hingga kondisi kesehatan tertentu, seperti klamidia.

Jika mengalami beberapa gejala kanker serviks di bawah ini, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Nantinya, dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan supaya diagnosa yang tepat bisa didapat.

Baca Juga: Wanita wajib tahu, ini cara mencegah kanker serviks selain dengan vaksin HPV

Nyeri Panggul

Nyeri panggul merupakan ciri-ciri kanker serviks pertama yang bisa Anda alami. Seiring berjalannya waktu, rasa sakit bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain. Misalnya, perut bagian bawah, pinggang, dan lain sebagainya.

Rasa Sakit Saat Berhubungan Seksual

Beberapa kasus menunjukkan bahwa penderita kanker serviks mengalami rasa sakit saat berhubungan seksual. Bahkan, ada pula penderita kanker serviks yang mengalami pendarahan. Jika terus dibiarkan, hal itu dapat memicu masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Menstruasi yang Tidak Normal

Menstruasi yang tidak normal bisa jadi ciri-ciri kanker serviks.

Gejala kanker serviks lainnya yang bisa Anda alami adalah menstruasi yang tidak normal. Contohnya, siklus menstruasi berlangsung lebih lama. Darah haid yang keluar juga lebih banyak daripada batas normal. Anda juga perlu berhati-hati jika darah seperti darah haid keluar meski Anda sudah memasuki menopause.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan nyeri haid ini pakai bahan alami

Keputihan

Keputihan memang merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, keputihan bisa jadi ciri-ciri kanker serviks jika keluar dengan bau yang tak sedap. Warna keputihan yang lebih keruh juga perlu Anda waspadai. Biasanya, warna keputihan menjadi kemerahan karena bercampur dengan darah.

Gejala Lainnya

Selain beberapa gejala yang telah disebutkan, masih banyak kondisi lain yang jadi tanda kanker serviks. Mengutip dari Cancer Treatment Centers of America, sel kanker bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Beberapa gejala yang dapat Anda rasakan adalah kaki bengkak, berat badan turun, urin bercampur darah, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Tips cara mencegah kanker serviks, lakukan sejak dini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru