kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   -935,51   -100.00%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wanita wajib tahu, ini cara mencegah kanker serviks selain dengan vaksin HPV


Rabu, 01 September 2021 / 14:20 WIB
Wanita wajib tahu, ini cara mencegah kanker serviks selain dengan vaksin HPV
ILUSTRASI. Berhenti merokok, termasuk salah satu cara mencegah kanker serviks


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Wanita wajib mengetahui cara mencegah kanker serviks. Cara mencegah kanker serviks tidak cukup hanya dengan vaksinasi.

Kanker serviks adalah salah satu penyakit berbahaya yang menyerang leher rahim atau bagian dari organ reproduksi wanita. Melansir laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), leher rahim adalah organ penghubung antara vagina dan rahim atau tempat janin tumbuh ketika wanita hamil.

Setiap wanita bisa terkena kanker serviks. Namun, penyakit kanker serviks ini paling sering menyerang wanita di atas usia 30 tahun. Mengetahui cara mencegah kanker serviks bisa mengurangi risiko terserang penyakit berbahaya tersebut.

Penyebab kanker serviks 

Penyebab kanker serviks utamanya berasal dari infeksi human papilloma virus (HPV) yang biasanya menular lewat hubungan seks. Berikut beberapa cara mencegah kanker serviks yang bisa dilakukan para wanita untuk menurunkan risiko penyakit ini.

1. Vaksin kanker serviks

Cara pertama mencegah kanker serviks adalah melakukan vaksin. Anda bisa mengurangi risiko terkena kanker serviks dengan suntik vaksin HPV (human papilloma virus).

Manfaat vaksin HPV dapat mencegah segala jenis penyakit yang disebabkan oleh HPV, termasuk kutil kelamin dan kanker serviks. Virus ini dapat menyerang pria dan wanita, terutama pada vagina, penis, leher rahim, bibir vagina, mulut, dan saluran napas bagian atas.

Melansir laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), terdapat dua jenis vaksin HPV di Indonesia, yakni bivalen dan tetravalen. Vaksin HPV bivalen menyasar jenis HPV 16 dan 18 untuk mencegah kanker serviks. Sedangkan vaksin HPV tetravalen menyasar jenis HPV 6, 11, 16, dan 18 berguna untuk mencegah kanker serviks sekaligus kutil kelamin.

Pemberian vaksin HPV di Indonesia diarahkan untuk remaja perempuan mulai usia 10 tahun ke atas untuk mencegah kanker serviks. Vaksinasi HPV diberikan dua dosis untuk anak usia 10-13 tahun, dan tiga dosis untuk anak usia 16-18 tahun.

Jadwal pemberian vaksin HPV selang sebulan sejak kali pertama penyuntikan, dan jaraknya paling lama enam bulan selang penyuntikan pertama. Apabila jadwal pemberian vaksin terlewat karena sakit atau hal lain, suntik vaksin HPV tidak perlu diulang. Cukup kejar suntik vaksin agar dosisnya lengkap.

Baca juga: Kanker paru-paru mengancam perokok aktif & pasif, ini cara mencegahnya

2. Cek leher rahim secara berkala

Cara kedua mencegah kanker serviks adalah rutin cek leher rahim. Melansir NHS, skrining atau pemeriksaan leher rahim dapat mendeteksi perubahan abnormal pada serviks sejak dini.

Wanita berusia 25-49 tahun disarankan untuk melakukan pemeriksaan leher rahim setiap tiga tahun sekali. Sedangkan wanita berusia 50-64 tahun perlu memeriksakan kondisi leher rahimnya setiap lima tahun sekali.

Skrining leher rahim ini penting, termasuk untuk wanita yang sudah pernah disuntik vaksin HPV. Pasalnya, ada banyak faktor risiko yang menyebabkan seseorang terkena kanker leher rahim.

Terutama jika wanita termasuk kelompok berisiko tinggi terkena kanker serviks. Wanita yang berasal dari penderita kanker serviks dan punya gaya hidup tidak sehat berisiko terserang penyakit ini.

3. Setop merokok

Cara ketiga mencegah kanker serviks adalah setop merokok. Rokok dapat menghambat kemampuan tubuh ketika menghadapi infeksi HPV. Kondisi ini apabila dibiarkan berkepanjangan bisa berkembang menjadi kanker.

Jika Anda saat ini kesulitan berhenti merokok, coba minta bantuan dari klinik berhenti merokok di sejumlah puskesmas, rumah sakit, atau layanan kesehatan terpercaya lainnya.

4. Seks aman

Cara keempat mencegah kanker serviks adalah melakukan seks secara aman. Sebagian besar kanker serviks terkait dengan infeksi HPV yang ditularkan lewat hubungan seks. Untuk menurunkan risiko penyakit ini, wanita bisa melakukan seks yang lebih aman.

Melansir Cancer.net, berikut beberapa cara membantu mencegah dan menurunkan risiko kanker serviks:

  • Hindari pernikahan dini, jangan berhubungan seks ketika usia belum menginjak 18 tahun, dan tunda kehamilan ketika usia belum genap 20 tahun
  • Jangan gonta-ganti pasangan seks karena rentan jadi pintu penularan infeksi HPV dan penyakit menular seksual lainnya
  • Lakukan seks aman dengan perlindungan kondom
  • Hindari hubungan seks dengan orang yang punya banyak pasangan seks
  • Jangan berhubungan seks dengan orang yang terkena penyakit kutil kelamin

Cara mencegah kanker serviks tidak bisa tunggal, atau hanya mengandalkan satu poin di atas. Anda perlu menjalankan semuanya agar risiko terkena penyakit ini bisa benar-benar diminimalkan.

Itulah beragam cara mencegah kanker serviks yang perlu dipahami para wanita. Semoga Anda terbebas dari penyakit berbahaya ini. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Mencegah Kanker Serviks, Tak Hanya Suntik Vaksin HPV",


Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

Selanjutnya: Tips cara mencegah kanker paru-paru, para perokok wajib tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×