5 Obat kencing batu ini berasal dari bahan-bahan alami

Kamis, 23 September 2021 | 12:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat kencing batu ini berasal dari bahan-bahan alami

ILUSTRASI. Buah sitrus, seperti jeruk, dapat digunakan sebagai obat kencing batu.

KONTAN.CO.ID - Kencing batu merupakan mineral yang menumpuk dan mengendap hingga akhirnya mengeras. Supaya kondisi tubuh tak memburuk, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat kencing batu.

Sebelum mengenal bahan-bahan alami apa saja yang bisa Anda gunakan, ada beberapa ciri-ciri kencing batu yang perlu Anda perhatikan.

Mulai dari nyeri perut bagian bawah, buang air kecil tidak lancar, muncul sensasi terbakar saat buang air kecil, hingga air kencing bercampur darah.

Rutin mengonsumsi beberapa bahan alami berikut ini bisa Anda lakukan untuk menurunkan tingkat keparahan kencing batu. Meski mudah Anda lakukan, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Air putih

Laman Urology San Antonio menyebutkan, minum banyak air putih termasuk salah satu cara mengatasi kencing batu. Setiap orang membutuhkan jumlah air putih yang berbeda-beda.

Jadi, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu ke dokter untuk mendapat porsi yang tepat.

Baca Juga: 5 Penyebab sakit pinggang sebelah kiri, mulai batu ginjal hingga endometriosis

Buah sitrus

Supaya kencing batu bisa teratasi dengan baik, cobalah untuk meningkatkan asupan buah sitrus. Misalnya, jeruk, lemon, dan jeruk nipis.

Jenis buah itu mengandung banyak mengandung asam sitrat yang bisa mengikat kalsium sehingga pengendapannya bisa dicegah.

Makanan rendah natrium

Mengonsumsi terlalu banyak natrium, seperti makanan asin, bisa menambah jumlah kalsium sehingga risiko kencing batu pun meningkat.

Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan rendah natrium. Akan lebih baik jika Anda benar-benar bisa menghindari makanan yang kaya natrium.

Baca Juga: 5 Manfaat dan efek samping daun salam untuk kesehatan

Makanan segar

Buah, sayur, dan daging segar termasuk obat kencing batu yang perlu Anda konsumsi. Hindari buah, sayur, daging, dan jenis makanan lain yang diproses terlebih dahulu.

Biasanya, proses pengolahan bahan-bahan tersebut mengakibatkan nutrisi yang terkandung dalam bahan alami berkurang sehingga tak baik untuk kesehatan.

Makanan kaya kalsium

Makanan yang mengandung banyak kalisum bisa jadi obat kencing batu.

Obat kencing batu berikutnya yang Urology San Antonio rekomendasikan adalah makanan yang mengandung banyak kalsium. Hindari asupan kalsium dari suplemen karena bisa menimbulkan efek samping yang tak Anda inginkan.

Selanjutnya: Asam urat dalam tubuh tinggi, coba atasi dengan 7 herbal ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru