kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,33   -6,02   -0.65%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Pelembab untuk kulit berminyak dari bahan alami


Rabu, 21 Oktober 2020 / 12:29 WIB
4 Pelembab untuk kulit berminyak dari bahan alami
ILUSTRASI. Pisang bisa digunakan sebagai pelembab untuk kulit berminyak.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang beranggapan bahwa pemilik kulit berminyak tak membutuhkan pelembab. Padahal, kebiasaan tersebut justru bisa menimbulkan masalah lain. Pelembab untuk kulit berminyak dari bahan alami berikut ini bisa Anda coba untuk menghindari masalah kulit yang tak diinginkan.

Minyak Argan

Bebeautiful.in (bebeautiful.in) mengatakan bahwa sebaiknya kulit berminyak menggunakan pelembab non-comedogenic. Artinya, bahan yang terkandung di dalamnya tak memperparah penyumbatan pori-pori.

Salah satu bahan alami yang memiliki sifat non-comedogenic adalah minyak argan. Selain tak menyumbat pori-pori, minyak argan juga membantu kulit menyeimbangkan produksi minyak alami. Jenis minyak ini mampu menghidrasi dan melembabkan kulit.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Oleskan beberapa tetes minyak argan di telunjuk, lalu pijatkan pada wajah secara lembut. Anda bisa menggunakan bahan alami ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 3 Cara membuat masker putih telur sendiri di rumah

Minyak Almond, Minyak Kelapa, dan Lidah Buaya

Pelembab untuk kulit berminyak selanjutnya bisa Anda buat dari minyak almond, minyak kelapa, dan lidah buaya. Lidah buaya mengandung antiinflamasi, antioksidan, vitamin E, dan vitamin C sehingga cocok digunakan sebagai pelembab.

Sedangkan minyak almond mengandung asam lemak yang bisa membersihkan pori-pori dari sebum berlebih. Dengan begitu, kulit terlihat lebih cerah. Cara membuatnya, campurkan 4 sdm gel lidah buaya dengan 2 sdm minyak kelapa dan minyak almond. Semprotkan campuran itu dua kali sehari.

Pisang, Madu, dan Susu

Madu, pisang, dan susu bisa jadi pelembab untuk kulit berminyak.

Bebeautiful.in merekomendasikan pelembab lain yang terbuat dari kombinasi pisang, madu, dan susu. Pisang mengandung banyak vitamin C, potasium, dan serat yang mampu menyehatkan kulit. Sedangkan madu berperan untuk melembabkan.

Kemampuan itu masih bisa dimaksimalkan oleh susu karena sifatnya yang mencerahkan kulit. Anda bisa menggunakan bahan-bahan itu dalam bentuk masker. Pertama, tumbuk pisang hingga halus lalu tambahkan 1 sdt madu dan 2 sdm susu.

Oleskan masker pada wajah secara menyeluruh lalu diamkan selama 30 menit. Anda bisa memijat sisa masker terlebih dahulu sebelum membilasnya dengan air dingin.

Baca Juga: 5 Cara merawat wajah pria terbaik agar bersih dan sehat

Lemon, Susu, dan Minyak Zaitun

Pelembab untuk kulit berminyak juga bisa terbuat dari lemon, susu, dan minyak zaitun. Selain melembabkan, minyak zaitun juga cocok dipakai untuk kulit berjerawat karena kandungan antimikroba.

Lemon berfungsi untuk mencegah produksi minyak berlebih. Sedangkan asam laktat dalam susu bisa menenangkan kulit yang berjerawat. Pelembab ini bisa dibuat dengan cara mencampurkan semua bahan yang dibutuhkan. Lalu, aplikasikan pada wajah menggunakan kapas.

Selanjutnya: 5 Tips skincare terbaik untuk remaja yang wajib dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×