kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,94   -29,79   -3.09%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Makanan untuk penderita asam lambung yang mudah didapat


Kamis, 30 September 2021 / 10:43 WIB
4 Makanan untuk penderita asam lambung yang mudah didapat
ILUSTRASI. Ada banyak makanan untuk penderita asam lambung yang sebaiknya Anda konsumsi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung naik adalah suatu jenis penyakit yang bisa Anda alami. Supaya kondisi itu tak mengganggu Anda secara terus-menerus, ada beberapa makanan untuk penderita asam lambung yang sebaiknya Anda konsumsi.

Biasanya, asam lambung ditandai dengan beberapa gejala. Salah satu kondisi yang sering terjadi adalah heartburn atau sensasi terbakar. Heartburn bisa Anda rasakan dari perut hingga saluran pencernaan atas. Bukan tidak mungkin kondisi itu dapat memicu iritasi.

Memiliki berat badan ideal adalah salah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Dengan begitu, efek asam lambung naik dapat Anda hindari. Nah, mengonsumsi makanan-makanan berikut ini bisa menurunkan berat badan Anda sekaligus mengatasi gejala asam lambung.

Melon

Supaya asam lambung mereda, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mampu menetralkan keasaman dalam lambung. Salah satu jenis buah yang memiliki manfaat itu adalah lemon. Melansir AARP (aarp.org), melon mengandung banyak magnesium yang baik untuk kesehatan lambung.

Baca Juga: Ini 4 Makanan yang cocok dijadikan obat penurun panas

Yogurt

Salah satu makanan untuk penderita asam lambung adalah yogurt.

Selanjutnya, yogurt juga termasuk dalam makanan untuk penderita asam lambung. Kandungan nutrisi dalam yogurt mampu menenangkan lambung sehingga efek asam lambung naik dapat mereda.

Tidak berhenti sampai di situ, yogurt juga dipenuhi dengan probiotik yang mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sistem imun tubuh pun dapat meningkat karena nutrisi itu. Supaya efeknya bisa semakin Anda rasakan, tak ada salahnya mencampur yogurt dengan bahan alami lain, misalnya jahe.

Pisang

Pisang termasuk makanan untuk penderita asam lambung.

AARP merekomendasikan pisang untuk mengobati asam lambung karena kandungan nutrisi yang ada dalam jenis buah itu. Pisang memiliki kandungan asam yang rendah dan bisa melindungi dinding organ pencernaan. Buah pisang juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Tidak hanya jahe, inilah 4 pilihan obat batuk alami

Oatmeal

Makanan untuk penderita asam lambung berikutnya adalah oatmeal. Sama dengan pisang, oatmeal memiliki banyak serat. Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan susu almond rendah lemak. Selain itu, mengombinasikan oatmeal dengan bahan makanan lain yang telah disebutkan juga bisa jadi pilihan.

Beberapa makanan di atas perlu Anda konsumsi secara rutin supaya asam lambung naik tak terus Anda alami. Namun, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi ke dokter, ya. Terlebih bagi Anda yang mengalami gejala asam lambung parah.

Selanjutnya: 4 Cara mengatasi depresi, bisa Anda coba dengan mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×