Tidak hanya jahe, inilah 4 pilihan obat batuk alami

Jumat, 24 September 2021 | 09:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tidak hanya jahe, inilah 4 pilihan obat batuk alami

ILUSTRASI. Supaya tubuh tetap sehat, ada banyak obat batuk alami yang bisa Anda pilih.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batuk terjadi saat tubuh berusaha mengeluarkan benda asing yang membuat saluran pernapasan iritasi. Ada beberapa jenis batuk yang dapat Anda alami, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Supaya tak bertambah parah, Anda perlu mengonsumsi obat batuk alami.

Jika Anda mengalami batuk kering, minuman hangat bisa Anda jadikan pilihan. Namun, apabila Anda mengalami batuk berdahak, cobalah bahan-bahan alami yang dapat mengencerkan dahak. Dengan begitu, dahak menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Di bawah ini, Anda bisa menemukan bahan alami yang berguna untuk mengobati batuk. Namun, jika batuk tak kunjung sembuh, usahakan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Madu

Madu adalah bahan alami yang biasa digunakan sebagai obat batuk. Alasannya karena madu memiliki berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Eatthis.com menyebutkan bahwa madu mengandung antivirus, antiinflamasi, antijamur, dan antibakteri.

Caranya, campur 2 sdm madu dan 1 sdm air perasan jeruk dalam 8 ons air hangat. Aduk rata lalu minum air tersebut secara rutin. Selain mengencerkan dahak dan menenangkan tenggorokan, kombinasi bahan alami itu pun efektif meningkatkan sistem imun tubuh sehingga durasi kemunculan batuk lebih singkat.

Baca Juga: 4 Cara menyembuhkan sariawan ini sebaiknya Anda coba

Peppermint

Obat batuk alami berikutnya yang dapat Anda jadikan pilihan adalah peppermint. Mentol yang terkandung dalam peppermint bisa mengencerkan dahak sehingga saluran pernapasan tak lagi tersumbat dan batuk dapat sembuh.

Jahe

Jika Anda tertarik memanfaatkan rempah untuk mengobati batuk, tak ada salahnya mencoba jahe. Kandaunga yang ada di madu dapat memperlebar pembuluh darah sehingga otot halus mengendur. Akibatnya, saluran pernapasan menjadi lebih terbuka.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi jahe. Pertama, Anda dapat merebus jahe lalu minum air rebusannya. Kedua, Anda dapat mencampur jahe dengan teh herbal yang biasa Anda konsumsi.

Baca Juga: Paling ampuh obati asam lambung yang kumat, ini 3 obat herbal yang bisa dilirik

Nanas

Buah nanas berguna sebagai obat batuk alami.

Eatthis.com merekomendasikan nanas sebagai obat batuk. Bukan tanpa alasan, jenis buah tersebut memiliki banyak bromelain. Bromelain adalah jenis enzim yang berperan sebagai antiinflamasi dan pengencer dahak.

Selain kaya akan bromelain, buah nanas juga memiliki banyak vitamin C. artinya, sistem imun tubuh bisa tetap terjaga dan berbagai jenis penyakit dapat Anda hindari dengan baik.

Selanjutnya: Cara mengobati pilek secara alami tanpa minum obat kimia

Editor: Belladina Biananda
Terbaru