Paling ampuh obati asam lambung yang kumat, ini 3 obat herbal yang bisa dilirik

Senin, 20 September 2021 | 04:30 WIB Sumber: Kompas.com
Paling ampuh obati asam lambung yang kumat, ini 3 obat herbal yang bisa dilirik

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat asam lambung naik, tentu hal ini akan menyebabkan rasa nyeri bagi para penderitanya. Asam lambung kerap disebut juga GERD. Yakni singkatan dari gastroesophageal reflux disease. 

Ini merupakan gejala asam lambung yang sering naik. Biasanya gejalanya disertai batuk dan nyeri dada. GERD bisa diobati dengan obat yang dijual bebas di apotik untuk mengatasi asam lambung, seperti antasida. 

Selain itu, penderitanya harus mengubah gaya hidup serta pola makan. Pada beberapa kasus parah, pasien membutuhkan resep obat tambahan agar asam lambung tidak melukai esofagus. Tidak hanya itu, banyak herbal yang bisa meredakan gejala GERD. 

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah obat herbal GERD paling ampuh. 

Baca Juga: 11 Manfaat jahe untuk kesehatan, bisa bantu redakan nyeri haid

Jahe 

Pada penelitian yang dipublikasikan di NCBI, jahe mampu mengurangi gejala GERD. Jahe juga dinilai aman untuk dikonsumsi. Penelitian menunjukkan bahwa jahe menimbulkan efek samping jika dikonsumsi lebih dari 5 gram per hari. 

Namun, dokter tidak menyarankan obat ini dikonsumsi oleh orang dengan gangguan darah. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki efek mengencerkan darah. Orang yang hendak melakukan operasi, baik operasi kecil, maupun operasi besar direkomendasikan untuk berhenti mengonsumsi jahe. 

Baca Juga: Efektif menurunkan berat badan, ini manfaat terong untuk kesehatan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru