kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menyembuhkan sariawan ini sebaiknya Anda coba


Rabu, 22 September 2021 / 08:00 WIB
4 Cara menyembuhkan sariawan ini sebaiknya Anda coba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara menyembuhkan sariawan perlu segera Anda lakukan. Jika tidak, Anda mungkin akan lebih kesulitan untuk berbicara, mengunyah, atau melakukan kegiatan lain yang menggunakan mulut. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin masalah kesehatan lain yang lebih serius muncul.

Sariawan bisa terjadi ketika bagian dalam mulut tergigit. Selain itu, masih banyak faktor lain yang bisa jadi penyebab sariawan. Mulai dari perubahan hormon dalam tubuh, tubuh kekurangan vitamin atau mineral tertentu, stres, hingga reaksi alergi.

Sebenarnya, ada banyak obat apotek yang bisa menyembuhkan sariawan. Namun, memanfaatkan bahan-bahan alami juga tak ada salahnya untuk Anda coba. Tak hanya mengobati sariawan, beberapa kandungan dalam bahan alami di bawah ini juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berkumur dengan Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang umum digunakan sebagai obat sariawan. Dr. Stevenlin (drstevenlin.com) mengatakan bahwa kandungan dalam baking soda mampu menetralkan keasaman dalam mulut yang berpotensi memperparah sariawan.

Tidak berhenti sampai di situ, memakai baking soda juga efektif melawan infeksi bakteri sehingga sariawan bisa sembuh lebih cepat. Pertama, campur 1 sdt baking soda dalam segelas air hangat. Aduk rata lalu gunakan air tersebut untuk berkumur.

Baca Juga: Catat, 5 bahan di dapur ini bisa menjadi obat alami sakit tenggorokan

Minum Teh Kamomil

Cara menyembuhkan sariawan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan minum teh kamomil. Jenis teh itu mengandung antiseptik yang efektif mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, minum teh kamomil juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Gunakan Cuka Apel

Memakai cuka apel sebagai obat sariawan merupakan saran Dr. Stevenlin yang lain. Sama seperti baking soda, cuka apel mampu melawan infeksi bakteri. Manfaat cuka apel itu berasal dari asam asetat yang terkandung di dalamnya.

Anda bisa menggunakan cuka apel dengan berbagai cara. Pertama, campur 1 sdm cuka apel dalam segelas air lalu minum air tersebut sampai sariawan sembuh. Menggunakan cuka apel sebagai salad dressing juga bisa Anda jadikan pilihan.

Baca Juga: Mengobati batuk sampai diabetes, ini manfaat daun sirih merah untuk kesehatan

Berkumur Memakai Air Garam

Berkumur dengan air garam bisa jadi cara menyembuhkan sariawan.

Bukan lagi jadi rahasia apabila berkumur memakai air garam termasuk cara menyembuhkan sariawan. Pertama, larutkan 1 sdt garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam itu selama 30 detik. Setelah itu, berkumurlah lagi dengan air biasa.

Selanjutnya: Mudah dilakukan, coba 3 cara membersihkan lidah bayi ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×